Kabupaten Banjar adalah kabupaten di Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Martapura. Kabupaten ini memiliki luas wilayah ± 4.688 km² dan berpenduduk sebanyak 506.204 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Kabupaten Banjar termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan.  Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dari perkebunan karet yang rata-rata adalah kebun perseorangan. Selain itu perkebunan jeruk menjadi penopang hidup sebagian masyarakat yang merupakan produk unggulan dari Kecamatan Astambul. 

Masyarakat Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mulai menyadari pentingnya dunia pariwisata di daerahnya.Kabupaten Banjar memiliki potensi wisata yang cukup kaya dan beragam antara  ainkeberadaan potensi Pasar Terapung Desa Lok Baintandan kulinernya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis lokal maupun mancanegara. Potensi produksi perikanan di Kabupaten Banjar cukup besar meliputi usaha budidaya dan penangkapan. Kegiatan budidaya meliputi budidaya air laut, air payau dan air tawar, sedangkan kegiatan penangkapan meliputi penangkapan di perairan laut dan perairan umum.Pengembangan usaha perikanan budidaya merupakan sektor yang telah lama menopang pengembangan ekonomi, terutama ikut serta dalam memberdayakan pembudidaya ikan khususnya skala kecil.

Atas dasar tersebut dan dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya untuk Peningkatan Produksi Perikanan Budidaya pada Tahun 2008 ditetapkanlah Pengembangan Kawasan Perikanan Di Kabupaten Banjar dengan Surat Keputusan Bupati Banjar Nomor 241 Tahun 2008 tanggal 16 Juni 2008 khusus budidaya ikan air tawar pada kawasan perikanan budidaya Riam Kanan dan Kawasan Minapolitan Cindai Alus dengan luas lahan yang berpotensi untuk dikembangkan seluas ± 1.671 Ha.

Selain potensi produk perikanan, Kabupaten Banjar merupakan daerah yang memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat besar, khususnya pertanian. Kabupaten Banjar memiliki wilayah yang sangat potensial bagi perolehan devisa, khususnya dari komoditi pertanian, perikanan dan pengolahan hasil pertanian dan perikanan. Kabupaten Banjar memiliki kawasan pesisir yang menyimpan potensi bagi pengembangan ekonomi wilayah. Kabupaten Banjar memiliki modal sosial dan budaya yang sangat kuat sehingga menjadi perekat dan pemersatu masyarakat dalam memajukan Kabupaten Banjar. 

Keberadaan perusahaan lokal, nasional dan asing yang bergerak dibidang Tambang Batubara turut memberikan andil besar terhadap perekonomian di Kabupaten Banjar. Tambang Batubara di kabupaten ini dikelola oleh perusahaan seperti PT. Pamapersada Nusantara, PT. Kalimantan Prima Persada, PT. Pinang Coal Indonesia dan lain-lain yang diawasi oleh Perusahaan Daerah (PD. Baramarta). Dampak dari wabah Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banjar memprihatinkan di tahun 2019 ini, bila dibandingkan dengan 2018. Kendati mengalami kenaikan, namun menurun saat disandingkan pertumbuhannya dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banjar tahun 2019 yakni sebesar 4,54 %, angka ini menurun dari tahun sebelumnya yakni tahun 2018 yang mampu bertumbuh sebesar 5,01%. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar tetapkan Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang. Tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar yang akan bersaing memperebutkan kursi pimpinan di Kabupaten Banjar pada Pilkada nanti. Pertama H Saidi Mansyur yang berpasangan dengan Habib Idrus Al Habsy diusung oleh NasDem, PKB dan Demokrat, kedua pasangan yang maju melalui jalur independen atau persorangan Andin Sofyanoor dan H Syarif Bustomi, dan terakhir H Rusli dan KH Fadlan Asy’ari yang diusung oleh Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PDI Perjuangan dan PKS. KPU Kabupaten Banjar menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada 2020 sebanyak 389.993 orang. Jumlah itu terdiri dari 190.504 pemilih laki-laki dan 194.089 pemilih perempuan. Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 290 desa/Kelurahan di Kabupaten Banjar ada 1273 TPS.