Media sosial meski memudahkan dalam berkomunikasi terkadang juga membuat jenuh. Ada kalanya ingin para pengguna ingin melakukan rehat dan menghentikan sementara penggunaan media sosial.

Perihal itu, untuk berhenti sementara dari media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram sangatlah mudah. Pengguna cukup keluar (sign out) dari akun tanpa harus menghapus aplikasi.

Namun, beda cerita dengan WhatsApp. Pengguna tidak bisa sembarangan keluar masuk akun seperti media sosial lain. Sebab, WhatsApp sendiri tidak menyediakan pilihan sign out dalam aplikasinya.

Meskipun saat ini masih belum ada cara untuk menonaktifkan atau keluar dari akun WhatsApp dalam waktu terbatas, ada memberikan trik bisa dilakukan untuk berhenti sementara menggunakan WhatsApp.

Trik tersebut adalah dengan menghentikan secara paksa kinerja WhatsApp di dalam perangkat tanpa perlu uninstall.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) ponsel, kemudian buka menu "aplikasi".

Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa opsi, salah satunya adalah "force stop". Tekan tombol tersebut untuk menghentikan kinerja WhatsApp.

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi untuk menonaktifkan "background data" dan mencabut semua izin aplikasi untuk WhatsApp.

Perlu diketahui, apabila Anda melakukan force stop pada WhatsApp, maka pengirim pesan hanya bisa melihat keterangan centang satu pada pesan yang dikirimkan kepada Anda

Dengan memilih opsi ini, Anda bisa menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Melansir dari Gadgetsnow, Anda akan tetap mendapatkan pesan apabila kembali membuka aplikasi WhatsApp.

Selain itu, untuk menghindari "gangguan" dari notifikasi WhatsApp yang kerap menggangu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Nonaktifkan nada dering WhatsApp
Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan nada dering WhatsApp.

Untuk menonaktifkan nada dering Whatsapp, Anda bisa menggunakan menu pengaturan yang ada di aplikasi.

Anda perlu membuka aplikasi Whatsapp kemudian pilih menu titik tiga vertikal di bagian kanan atas. Kemudian pilih opsi Notifikasi.

Setelah itu Anda akan melihat halaman baru yang terdiri dari opsi nada percakapan, nada notifikasi pesan, nada notifikasi grup, hingga nada notifikasi untuk panggilan.
Anda bisa memilih nada notifikasi dengan pilihan "hening" atau "silent" yang tersedia di ponsel Anda.

Matikan notifikasi pop-up Cara ini sesuai dengan pengaturan Andorid secara umum, Anda bisa membuka menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih menu "aplikasi" dan buka opsi "daftar aplikasi".

Kemudian, pengguna akan disodori daftar aplikasi yang telah diinstal di ponsel. Pilihlah aplikasi WhatsApp.

Ketuk pemberitahuan dan nonaktifkan semua pemberitahuan WhatsApp. Anda juga bisa menonaktifkan getaran dan pop-up pesan.

Matikan lampu Notifikasi
Cara menonaktifkan lampu notifikasi cukup sederhana, Anda cukup membuka aplikasi WhatsApp, kemudian buka menu pengaturan, dan pilih opsi pemberitahuan atau notifikasi.

Kemudian pilih opsi "light" atau cahaya dan pilih opsi "tidak ada". Dengan melakukan cara ini, Anda akan terus mendapatkan pesan WhatsApp di latar belakang, tetapi tidak akan pernah mendapatkan notifikasi cahaya.

Apabila Anda ingin mengetahui pesan apa saja yang Anda terima, Anda cukup membuka Aplikasi tersebut untuk membaca semua pesan-pesan penting.