Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tarempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna wilayah ini memiliki luas 590,14 km2  dan populasi total adalah 45.326 jiwa dengan kepadatan penduduk 76,81 jiwa/km2. Secara Administratif Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari sepuluh kecamatan.  

Secara umum etnis yang dominan di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah melayu yang merupakan penduduk setempat, kemudian minangkabau, cina, jawa dan bugis. Etnis pendatang ini berpengaruh besar terhadap perekonomian misalnya etnis minangkabau dan cina yang banyak bergerak di bidang perdagangan, sedangkan etnis jawa dan bugis di bidang pertanian dan perkebunan. Komposisi etnis ini disebabkan oleh posisi strategis wilayah dan adanya potensi sumber daya alam yang banyak serta juga menjadi daya tarik sebagai kabupaten baru.

Struktur Ekonomi Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2019 didominasi oleh Pertambangan dan Penggalian dengan kontribusi sebesar 82,99 persen, Konstruksi sebesar 5,51 persen, Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 5,04 persen, Perdagangan Besar dan Eceran serta Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 2,46 persen, dan Adminstrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 1,94 persen.  Namun, bila faktor migas, yg notabene merupakan kewenangan pusat, dikeluarkan, maka kontribusi terbesar meliputi sektor Konstruksi sebesar 32,26 persen, Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 29,50 persen, Perdagangan Besar dan Eceran serta Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 14,38 persen, dan Adminstrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 11,35 persen

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam keputusannya menetapkan tiga pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas. nama-nama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas yaitu Abdul Haris – Wan Zuhendra, Fachrizal- Johari dan Yusrizal- Fatahurrahman. Dari ketiga pasangan salah satunya maju dari jalur perseorangan yakni Fachrizal- Johari dengan mengatongi 3.518 dukungan dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Sedangkan pasangan calon Pilkada Anambas, Abdul Haris – Wan Zuhendra, diusung 7 partai dengan 14 jumlah kursi. Kemudian pasangan calon Pilkada Anambas, Yusrizal- Fatahurrahman, diusung 2 partai dengan 4 jumlah kursi. KPU juga telah menetapkan sebanyak 31.707 orang terdaftar sebagai DPT dengan jumlah TPS sebanyak 119 yang tersebar di 10 Kecamatan.  Abdul Haris merupakan petahana Kabupaten Anambas yang tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp.4.654.375.988 sedangkan wakilnya Wan Zuhendra melaporkan kekayaannya sejumlah Rp.1.277.008.027.