Sebagai seorang ayah, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih buah hatinya, Mutiara Annisa Baswedan (Tia) yang pada Jumat (16/10/2020) menjalani prosesi wisuda secara virtual. Diketahui, Tia berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2020.

Di laman media sosial pribadinya, Anies Baswedan mengungkapkan rasa bangga tersebut dengan untaian kata-kata nan manis sambil menceritakan tentang sosok puteri semata wayangnya tersebut. 

"Tia sejak kecil selalu mandiri. Dia selalu berani coba yang baru, dan ambil keputusan secara mandiri. Memilih bidang hukum adalah rute yang penuh tantangan, mudah-mudahan pembelajarannya selama kuliah bisa jadi bekal untuk kontribusi bagi bangsa. Tapi apapun yang dia kelak kerjakan, dia tetap “anaknya Abah” yg suka manja sama orang-tuanya, sambil jadi pemimpin buat adik-adiknya." 

"Tia juga yang selarut apapun saya pulang, selalu menunggu: minta dengar cerita dan berbagi cerita tiap hari."

Dijelaskan Anies Baswedan dalam narasinya, Jumat (16/10/2020) Tia diwisuda.

"Alhamdulillah, perjalanan sekolah dan kuliah itu telah dia tuntaskan. Tia lulus Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Bagi orang tua, mengantarkan wisuda adalah juga mengingatkan saat pertama kali mengantar masuk sekolah. Tiap hari, kami bergantian, saya & Fery Farhati, mengantarkan dan menjemputnya. Itulah kali pertama Tia menjalani pendidikan di luar rumah, pendidikan di sekolah." 

"Peristiwa pengantaran itu terasa seperti belum lama, dan kini ia baru saja tuntaskan kuliahnya. Bagi neneknya, mengingatkan saat tahun 1965 ia jadi orang pertama yg lulus sarjana di keluarga besarnya, mengajar sampai sekarang dan kini menyaksikan cucu pertama yg wisuda."

"Terima kasih kami pada semua guru, semua dosen yang telah turut mendidik putri kami. Semoga Allah Swt mencatatnya sebagai amal jariyah. Pada Allah Swt kita bersyukur, sambil terus mengulang pesan bahwa sekolah, kuliah itu bisa selesai, tapi belajar tidak pernah selesai.  Mohon doanya, agar Tia selalu dalam lindunganNya, diberikan kekuatan dan kemudahan untuk menjadi pribadi yang memberikan manfaat bagi masyarakat," tutup Anies Baswedan,

Hanya beberapa menit setelah mengunggah ungkapan sukacita tersebut, ucapan selamat pun membanjiri laman pribadi Anies Baswedan tersebut. Bukan hanya dari netizen, melainkan juga dari tokoh-tokoh ternama. Salah satunya adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. 

"Selamat, ya, Tia. Thn 1990-an Anies sering ikut ayahnya (Rasyid Baswedan) ngobrol ringan bersama saya dan kawan2. Waktu itu Anies msh sangat muda. Rasanya baru kemarin bersama Anies culun dgn celana pendeknya; eh, sekarang punya puteri yg sudah lulus universitas. Semoga berkah," demikian ucapan selamat yang ditulis Mahfud MD di ajun twitter-nya @mohmahfudmd.

Sekilas, ucapan selamat tersebut terlihat biasa. Akan tetapi, karena ada kata 'culun' yang terikut di dalam ucapan selamat tersebut membuatnya menjadi sorotan netizen. Ada yang membalas bahwa kata 'culun' memang pantas untuk Anies Baswedan, namun benyak pula yang meradang/marah dengan ungkapan Mahfud MD tersebut.

Emha Danun Ajib dengan akun @DanunMuseLim menulis, tampaknya ingin menyindir Mahfud MD, "Waktu terasa semakin berlalu. Dulu ada Ketua MK, seorang Profesor yg gigih melawan korupsi menentang apa yg tidak sesuai dengan nurani tp kini semenjak menjabat menkopulhukam ia mendukung oligarki, mengabaikan nurani. Saya rindu sekali dgn sosok mantan ketua MK yg masi culun itu."

Pangais Bungsu Flag of IndonesiaHeart suitFlag of Palestinian Territories melalui akun @putra_jamparing me-reply @mohmahfudmd dengan menulis, "Gpp, kalau Masih Muda terlihat culun,  alamiah krn belom punya Cukup uang buat rubah penampilan. Yang repot kalau sdh uzur Masih tetap culun, lagi Muda ngapain Aja... " disertai emoticon tertawa. 

Netizen lain bernama Sandi dengan akun @Ars_sand juga ikut berkomentar dengan maksud mengoreksi tahun-tahun yang ditulis Mahfud MD yang tidak sesuai, "Pak Anies @aniesbaswedan lahir 1968, kalau tahun 1990an anggap tahun 1990 berarti usia nya 22 tahunan... Usia 22 usia semester2 akhir kuliah... Masa di sebut culun pakai celana pendek? Aneh ngga sih?"

Kritik lain terkait tahun yang ditulis Mahfud MD datang dari Rhea ZaNitha dengan akun @RheaZanitha, "1992 Pak Anies jd Ketua Senat UGM," juga disertai emoticon tertawa lebar.