Megadonor GOP diketahui sudah menggelontorkan jutaan dolar ke dalam PAC super baru demi memenangkan kembali Donald Trump pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020. Dilansir dari Forbes, Jumat (16/10/2020) raja kasino AS Sheldon Adelson dan istrinya, Miriam Adelson merupakan pendonor terbesar Donald Trump.

Menurut catatan yang diajukan ke Komisi Pemilihan Federal, pasangan asal Las Vegas ini terakhir menggelontorkan USD75 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun ke komite pada Agustus dan September 2020. Jadi, secara total, keluarga Adelsons telah menghabiskan lebih dari USD125 juta atau setara dengan Rp1,8 triliun untuk pemenangan Donald Trump.

Tak hanya pasangan Adelson, pendiri Home Depot, Bernie Marcus juga mendonorkan USD5 juta lagi atay Rp73 miliar untuk Donald Trumo. Bankir Arkansas, Warren Stephens memberi USD2 juta atau Rp29 miliar, dan miliarder atap Wisconsin Diane Hendricks memberikan USD1 juta atau Rp14 miliar.

Sebagai Super-PAC, Preserve America dapat menerima kontribusi tak terbatas dari individu. Grup tersebut mengajukan dokumen untuk dibentuk pada bulan Agustus dan dengan cepat mulai menghabiskan jutaan untuk iklan digital dan media.

Preserve America telah menghabiskan lebih dari USD75 juta untuk pengeluaran independen, menurut catatan yang diajukan ke FEC. Secara total, grup pendukung Trump telah mengumpulkan USD83,8 juta atau Rp1,23 triliun atau sebanyak 97% dari para taipan yang disebutkan di atas.

Berkat dermawan miliardernya, Preserve America dengan cepat muncul sebagai salah satu PAC super teratas yang bekerja melawan Joe Biden. Mereka membuat iklan grup yang sejauh ini berfokus pada penggambaran Biden sebagai 'terlalu lemah' untuk menjadi presiden.

Super-PAC pro-Trump lainnya, America First Action, telah mengumpulkan USD82,9 juta atau setara dengan Rp1,22 triliun sejak 2019. Sebanyak seperempat dari uang tersebut berasal dari miliarder, termasuk Stephens dan Hendricks. Adelsons dan Marcus terakhir kali memberi kepada grup ini pada 2018 silam.