Menjadi satu pekerjaan rumah bagi pemerintah dan BUMN untuk terus berperan aktif memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus melaksanakan serangkaian Program Tanggung Jawab Sosial kepada masyarakat dan tenaga kesehatan.

Melanjutkan pembagian ribuan masker yang sebelumnya telah dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat pada Kamis (8/10) lalu, kali ini Hutama Karya berpindah ke Ibukota untuk kembali melakukan pembagian puluhan ribu masker kain gratis kepada masyarakat, sebagai bagian dari Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang dilakukan oleh BUMN. Tepatnya kemarin, Rabu (14/10) Hutama Karya bersama dengan puluhan BUMN lainnya berkolaborasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 DKI Jakarta melakukan pembagian total 45.000 masker kain gratis di DKI Jakarta. Hutama Karya sendiri menerjunkan millennial-nya untuk membagian 1.000 masker kain yang tersebar di dua lokasi yakni di Pasar Pulo Gadung dan Stasiun Klender.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan bahwa keterlibatan Millennial BUMN khususnya Hutama Karya dalam kegiatan ini membawa semangat di bulan Sumpah Pemuda yang merepresentasikan kontribusi nyata peran pemuda dalam menghadapi pandemi. “Pasar Pulo Gadung dan Stasiun Klender menjadi salah satu titik lokasi pembagian masker kain dan sosialisasi AKB yang dilakukan oleh Hutama Karya dan Satgas DKI Jakarta, karena lokasi tersebut merupakan tempat umum yang dipadati dengan berbagai aktivitas masyarakat,” ujar Fauzan.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan pembagian masker kain di DKI Jakarta ini merupakan salah satu program lanjutan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Hutama Karya bekerja sama dengan Satgas BUMN Provinsi Sumatera Barat dengan membagikan 10.000 masker kain dan melakukan kegiatan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di 19 Kabupaten atau Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Surat Keputusan Kementerian BUMN dalam rangka membagikan 500.000 masker di seluruh Indonesia yang dilakukan secara bersama-sama di 34 Provinsi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Kami berharap melalui pembagian masker kain gratis ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, khususnya bagi masyarakat yang sering melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari diluar ruangan,” lanjut Fauzan EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Menjelang akhir tahun 2020, Hutama Karya akan terus memaksimalkan program CSR-nya untuk membantu pencegahan COVID-19 secara maksimal baik kepada masyarakat di lingkungan perusahaan, proyek, hingga masyarakat yang terdampak di berbagai daerah. Tercatat hingga hari ini, Hutama Karya telah membagikan sebanyak lebih dari 687 ribu masker medis dan masker kain, 7 ribu lebih Alat Pelindung Diri dan Alat Kesehatan, 144 unit Sarana Cuci Tangan, 17 ribu liter Hand Sanitizer dan Hand Soap, 6 ribu liter cairan disinfektan beserta sprayer, serta ribuan paket sembako. Bantuan disalurkan ke berbagai daerah di sekitar wilayah kerja Hutama Karya antara lain DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, dan lain-lain. “Kami berharap melalui pembagian masker kain gratis ini, masyarakat selalu ingat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal 1 meter,” tutup Fauzan, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.