Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn tampaknya memang tak berhenti bikin sensasi. Kali ini ia didemo warga selama beberapa bulan terakhir. Masyarakat Thailand meminta adanya pembatasan pada monarki. Salah satunya karena sumber kekayaannya yang berasal dari Biro Properti Mahkota (Crown Property Bureau/CPB).

Setelah menggantikan raja sebelumnya Bhumibol Adulyadej yang meninggal dunia di 2016 lalu, Maha Vajiralongkorn mentransfer semua kekayaan dari biro itu ke kepemilikan pribadinya. CPB sendiri adalah sebuah perusahaan induk rahasia yang sarat dengan saham di perusahaan blue-chip Thailand dan tanah utama di jantung kota Bangkok.

Dibentuk pada tahun 1936, CPB memang beroperasi secara legal. Namun tidak termasuk dalam lembaga pemerintah dan swasta, maupun bagian dari istana.

Ini membuat mahasiswa menuntut raja mengembalikan aset ke kendali CPB dan menempatkannya di bawah pengawasan pemerintah. Mereka menuntut transparansi yang lebih besar ke dalam keuangan monarki dan batasan pada kekuatannya yang luas.

Berkat transfer ini, Raja Maha Vajiralongkorn pun kini menjadi raja terkaya dunia pada tahun 2019 versi CEO World Magazine. Maha Vajiralongkorn memiliki kekayaan mencapai US$ 43 miliar atau sekitar Rp632 triliun.

Karena CPB mengendalikan Siam Commercial Bank dan Siam Cement Group. Kekayaannya raja juga termasuk villa tepi danau di luar Munich, Jerman, dan hotel di Pegunungan Alpen Bavaria.

Lalu siapa saja sebenarnya raja terkaya di dunia? Berikut rincian 10 besarnya:

1.Raja Maha Vajiralogkorn, Thailand: US$ 43 miliar
2.Sultan Hassanal Bolkiah, Brunei: US$28 miliar
3.Raja Salman Abdulaziz bin Saud, Arab Saudi: US$18 miliar
4.Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab: US$15 miliar
5.Raja Mohammed VI, Maroko: US$8,2 miliar
6.Pangeran Hans Adam II, Liechtenstein: US$7,2 miliar
7.Emir Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum Dubai, Uni Emirat Arab: US$4 miliar
8.Grand Duke Henri, Luksemberg: US$4 MIL
9.Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Qatar: US$2.1 miliar
10.Pangeran Albert, Monaco: US$1 miliar

Keluarga kerajaan Inggris justru tak masuk dalam daftar 10 besar. Ratu Elizabeth II ada di posisi 11 dengan kekayaan sebesar US$ 520 juta. Lalu disusul sang anak, Pangeran Charles di posisi 12 yang mencatat kekayaan sebesar US$ 420 juta.