Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin bikin jagat media sosial heboh. Penyebabnya, Marin tampil sebagai model majalah fashion Trendi Maag. Hanya mengenakan blazer, Marin berpose tanpa bra.

Foto memperlihatkan perempuan berusia 34 tahun itu tampak menggunakan sebuah blazer hitam dengan bagian dada yang terbuka, sehingga tampak jelas dirinya tanpa bra.

Foto itu diunggah di laman media sosial Instagram majalahTrendi Maag. Postingan tersebut langsung memicu pro kontra. Ada yang mengkritik, tapi ada pula yang mendukung.



Netizen mengatakan foto tersebut tidak pantas mengingat posisi Marin yang seorang perdana menteri. Bagi netizen, jelas tidak membantu bahwa foto itu diambil di halaman kediaman resmi perdana menteri, Kesäranta.

Seperti dilansir Sputnik pada Rabu  (14/10), banyak surat kabar Finlandia membela penampilan perdana menteri mereka.

Mereka bahkan memuji apa yang mereka sebut kecantikan, kekuatan, dan kemerdekaan Marin. Mereka bahkan menyebut Marin sebagai perdana menteri tercantik di dunia.

Sejumlah perempuan dan pria pendukung kemudian berpakaian seperti Marin, mengenakan blazer tanpa bra lalu berpose mirip perdana menteri Finlandia itu. Kemudian muncul tagar #imwithsanna mendukung perdana menteri termuda di dunia itu.



Sejumlah tokoh Finlandia juga turut membela Marin, salah satunya Dome Karukoski, sineas terkemuka negara Skandinavia tersebut.

"Di Finlandia, kaum konservatif marah karena Perdana Menter Sania Marin menunjukkan sedikit belahan dada dalam pemotretan majalah. Saya tidak memiliki banyak belahan dada, tapi saya bersamanya. (Dan semua wanita yang ingin berpakaian sesuka mereka)," kicau Karukoski.

Di tengah kontroversi, beberapa orang mengingat foto-foto pemimpin Finlandia sebelumnya yang juga tidak ortodoks dan benar-benar aneh, termasuk Presiden Urho Kekkonen yang berfoto dengan pakaian seperti hipster dan bahkan pemimpin militer Finlandia di abad ke-19, Carl Gustaf Mannerheim dengan foto telanjang di atas kuda.