Melalui akun Instagram @basukibtp, Kamis (17/9/2020), Ahok yang masih menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) mengaku telah menghadap Menteri BUMN, Erick Thohir. Dalam pertemuan ini, dia mengklaim telah menyampaikan seluruh kritik dan saran.

Terkait pertemuan yang terjadi hari ini, dikutip dari tempo.co, Ahok menuliskan: “Tadi habis bertemu dengan Menteri BUMN. Kritik dan saran yang saya sampaikan, diterima dengan baik oleh Pak Erick.” Mantan wakil Jokowi saat memimpin DKI Jakarta ini, mengaku mendapat pesan khusus dari dari Erick Thohir. Ia diminta untuk menjaga soliditas dan kerja sama tim di perseroan, sekaligus melakukan transformasi perusahaan pelat merah.

Unggahan tersebut dilengkapi pula dengan foto Ahok bersama dengan Erick Thohir. Tampak Basuki menggunakan kemeja batik berwarna coklat sementara Erick mengenakan batik bernuansa merah tua. Hingga laporan ini ditulis, pukul 10.34 WIB, unggahan tersebut telah disukai 11.033 warganet.

Sekedar mengingatkan, Ahok sebelumnya bikin heboh dengan merilis video pendek berisi kritik pedas terhadap Kementerian BUMN. Dalam tayangan ini, Ahok menyampaikan kekesalannya dalam mengawasi Pertamina. Salah satunya adalah ketika ada direksi yang diganti tanpa sepengetahuan dirinya.

Begitu juga pergantian direksi perusahaan negara yang ditentukan oleh Kementerian BUMN. "Karena semua RUPS yang menentukan KPI (key performance indicator) itu dewan komisaris dan dewan direksi yang ada di Kementerian BUMN," katanya.

Dirinya bahkan menyebut Kementerian BUMN sebaiknya dibubarkan karena tidak diperlukan. Indonesia sebaiknya mengikuti jejak Singapura dengan Temasek-nya. Kontan saja, kritik keras dari mantan politisi Golkar ini, bikin gaduh se-Indonesia.