Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sempat menyarankan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk berhati-hati dalam mengumumkan PSBB total.

Pasalnya, pernyataan Anies menurut Ridwan telah berdampak pada penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG). "Hampir Rp 300 triliun lari gara-gara statement (pernyataan)," kata Ridwan Kamil.

Namun lewat akun Twitter @ridwankamil, ia melempar statmennya perihal dana 300 triliun yang kabur karena pengumuman PSBB DKI Jakarta tersebut ke Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Hal itu terlihat dari tangkapan layar saat ia menjawab akun @riyono_1977. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa, angka tersebut ia dapatkan dari Sri Mulyani.

"Itu statemen Ibu Menteri Keuangan yang disampaikan saat rapat. Saya hanya menjawab pertanyaan wartawan terkait hasil rapat koordinasi Kamis kemarin," ucap Ridwan Kamil.

Sebelumnya diketahui, ia mengungkap dampak pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal PSBB DKI Jakarta.

Emil mengatakan hampir Rp 300 Triliun lari karena statement tersebut. "Hampir Rp 300 triliun lari gara-gara statment," katanya, Jumat (11/09/2020).

Ia pun berharap agar semua pihak bisa berhati-hati mengumumkan PSBB total. "Memang dalam statement Covid ini ditunggu oleh siapapun, baik oleh masyarakat, pelaku ekonomi. Sehingga menjadi sebuah kehati-hatian bagi kita, agar setiap pernyataan ini dihitung secara baik. Kalau pun itu berita buruk, dipersiapkan sebuah proses sehingga tidak akan terjadi dinamika," katanya.