Izin usaha pertambangan operasi produksi (IUP OP) atas nama PT Bulawan Daya Lestari (BDL) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sejatinya sudah bisa langsung diperpanjang oleh Gubernur Sulut.

Perpanjangan IUP OP ini sangat penting untuk menghadirkan adanya kepastian hukum dan investasi. Terlebih lagi, usaha tambang BDL sudah berlangsung puluhan tahun dengan dasar hukum UU Minerba yang lama yakni UU Minerba No 4 Tahun 2009.

"Itu artinya perpanjangan izinnya masih tetap diterbitkan oleh Gubernur, belum ditarik ke pemerintah pusat. Sehingga Gubernur Sulut sudah seharusnya menerbitkan perpanjangan IUP OP atas nama BDL," ungkap Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman dalam keterangannya, Senin (14/9/2020).

Menurut Yusri, izin BDL bisa segera diterbitkan jika seluruh persyaratan administrasi telah dipenuhi perusahaan. Perpanjangan izin, Yusri kembali menegaskan, sangat penting untuk menghadirkan adanya kepastian hukum dan investasi.

"Jika seluruh persyaratan perpanjangan izin sudah dipenuhi, mestinya tidak ada lagi kendala," tandas Yusri.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Sulut memastikan izin BDL telah habis sejak 10 Maret 2019. Kepastian habisnya izin BDL tersebut ditegaskan Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulut serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulut.

Sementara Dirut BDL Hadi Pandunata mengatakan hingga kini pihaknya masih mengupayakan perpanjangan izin.