Android 11 Go Edition adalah hal besar berikutnya yang diluncurkan oleh Google minggu ini. Sistem operasi yang mendukung lebih dari 100 juta smartphone ramah anggaran mendapatkan penyegaran tahun ini yang menjanjikan untuk menawarkan pengalaman baru bagi mereka yang tidak mampu membeli perangkat Android andalan atau perangkat kelas menengah.

Pengumuman hari ini mengungkapkan beberapa peningkatan terpenting yang ditambahkan Google di Android 11 Go Edition dan apa persyaratan perangkat keras untuk versi baru OS sebenarnya.

Tidak seperti versi sebelumnya yang mendukung hampir semua perangkat dengan RAM 1,5GB, Android 11 Go Edition akan tersedia di semua perangkat dengan RAM hingga 2GB.

Menurut Google, ekspansi ke RAM 2GB memungkinkan aplikasi untuk diluncurkan 20 persen lebih cepat dan menawarkan tambahan tambahan memori internal gratis sebesar 270MB kepada pengguna. Tapi tunggu, masih ada lagi! Google mengungkapkan bahwa Android 11 Go Edition pada perangkat yang mengemas RAM 2GB hadir dengan ruang penyimpanan gratis tambahan hingga 900MB.

Dengan Android 11 Go Edition, Google telah memutuskan untuk membawa semua aplikasi perpesanan di bawah satu spanduk. Orang-orang yang menggunakan perangkat yang diberdayakan oleh Android 11 Go Edition akan melihat bahwa semua percakapan mereka akan muncul di bagian pemberitahuan khusus terlepas dari aplikasi perpesanan yang mereka gunakan.

Selain itu, Google mengumumkan bahwa Android 11 Go Edition mendapat manfaat dari peningkatan privasi baru yang memungkinkan pengguna memberikan akses aplikasi ke sensor tertentu (misalnya mikrofon, kamera, atau lokasi) hanya dengan beberapa ketukan.

Lebih penting lagi, jika aplikasi tidak digunakan untuk waktu yang lama, izin aplikasi akan "disetel ulang otomatis" dan pengguna akan diberi tahu tentang perubahan tersebut. Tentu saja, dimungkinkan untuk memberikan kembali izin aplikasi kapan pun Anda mau.

Perubahan penting lainnya yang disertakan dalam Android 11 Go Edition adalah navigasi berbasis gerakan. Ini memungkinkan pengguna untuk pergi ke layar beranda, menavigasi ke belakang, dan dengan cepat beralih antar aplikasi menggunakan gesekan sederhana.

Terakhir, beberapa aplikasi yang disertakan dalam Android Go Edition mendapatkan beberapa fitur baru. Files by Google mendapatkan fitur baru yang disebut Safe Folder, yang melindungi file pribadi agar tidak diakses oleh orang lain dengan menyimpannya dalam folder 4 digit yang dienkripsi PIN.

Smartphone Android 11 Go Edition pertama akan tiba akhir tahun ini, tetapi Google belum menyebutkan merek apa pun. Jika Anda lebih menyukai versi standar OS, Anda mungkin ingin melihat ulasan Android 11 kami .