Google pekan lalu merilis beberapa teaser yang mengarah ke peluncuran Pixel 4a pada Agustus. Raksasa teknologi ini telah meluncurkan Pixel 4A tetapi juga menambahkan sentuhan baru dengan mengumumkan Pixel 4A 5G dan Pixel 5. Kedua model 5G akan tersedia pada musim gugur ini.

Pixel 4A hadir dengan bodi plastik yang telah menjadi rutinitas perusahaan untuk model pada rentang harga ini. Perangkat ini mengemas kamera belakang tunggal yang ditempatkan dalam modul berbentuk persegi di samping lampu kilat LED ganda. Modul ini terletak di sudut kiri atas panel belakang. Perangkat ini juga mengemas pemindai sidik jari fisik di bagian belakang. Di sisi kanan badan pesawat terdapat tombol power berwarna mint dan juga volume rocker.

Berbicara tentang tampilan, Pixel 4A menampilkan layar OLED 5,81 inci dengan resolusi FHD + 2340 x 1080 piksel dan rasio aspek 19,5: 9. Layar hanya mendukung refresh rate 60Hz. Layar memiliki desain lubang-pukulan, menjadikan model ini ponsel Google pertama yang memiliki fitur seperti itu. Lubang punch memiliki sensor 8MP Sony IMX355 tunggal dengan aperture f / 2.0, 84 ° FOV dan dukungan EIS.

Kamera belakang adalah sensor gambar Sony IMX363 12.2MP tunggal dengan lensa apertur f / 1.7, ukuran piksel 1,4μm, pandang lapangan 77 °, Deteksi Fase Piksel Ganda, dukungan OIS, dan EIS. Pixel 4A sama-sama mendukung perekaman video pada resolusi 4K pada 30fps. Untuk video gerakan lambat, perangkat ini mampu resolusi 1080p pada 120fps.

Google dikenal karena kehebatan perangkat lunaknya dan Pixel 4A dihiasi dengan beberapa fitur Google Camera terkemuka seperti Live HDR +, kontrol paparan ganda, Night Sight dengan astrophotography, Social Share, Mode Portrait, dan Super Res Zoom.

Perangkat ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 730G yang dipasangkan dengan RAM LPDDR4X 6GB dan penyimpanan UFS 2.1 128GB. Ponsel ini mengemas baterai 3.140mAh yang cukup kecil dibandingkan dengan standar industri tetapi Google memuji baterai untuk dapat memberikan "hingga 24 jam" penggunaan dengan "campuran bicara, data, siaga dan penggunaan fitur lainnya, dengan selalu-on display off. " Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat 18W melalui port USB-C.

Di sisi perangkat lunak, Google Pixel 4A menjalankan Android 10 OS di luar kotak. Google mengatakan perangkat ini akan mendapatkan 3 tahun peningkatan OS Android jadi harapkan untuk mendapatkan Android 11, Android 12 dan Android 13. Bukankah itu super keren? Anda juga akan mendapatkan pembaruan tambalan keamanan Android bulanan 3 tahun juga. Lebih lanjut, Pixel 4a menampilkan Google's M Titan, modul keamanan perangkat keras diskrit yang pada akhirnya akan membiarkan Anda menyimpan SIM Anda di ponsel Anda dan mengaksesnya ketika tidak ada baterai yang tersisa untuk mem-boot Android.

Pixel 4a memiliki banderol harga $ 349 yang layak dan tersedia untuk dipesan di Amazon saat ini. Perangkat ini diharapkan akan dikirim pada 20 Agustus dan tersedia dalam satu warna Pada dasarnya Hitam. Namun, tidak perlu khawatir, Google juga menjual kasing Fabric buatannya, yang dapat dicuci dengan mesin, kasing lunak yang dapat disentuh yang terbuat dari 70% bahan daur ulang. Kasingnya tersedia dalam warna Hitam, Biru, dan Biru Statis. Ponsel ini juga akan tersedia di Inggris, Irlandia, Jerman, Australia, Jepang, dan Kanada dan di India pada bulan Oktober.

Di sisi lain, Pixel 4A 5G akan memiliki banderol harga $ 499 dan akan dikirimkan pada musim gugur ini.