Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan reaktivasi sektor wisata di Pulau Dewata telah melalui sejumlah kajian tentang kondisi penyebaran wabah Corona dan pelbagai pertimbangan lainnya.

"Kita membuka Bali ini bukan asal dibuka, semua itu berangkat dari berapa jumlah yang infeksi, berapa jumlah yang sembuh, berapa mortality rate-nya. Nah itu menjadi acuan, apakah dia (Bali) masuk zona merah, apa kuning atau hijau," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat (31/7/2020).

Luhut mengklaim, tak ada lagi wilayah yang tergolong zona merah di pulau ini. Beberapa lokasi, tutur dia, hanya tergolong sebagai zona kuning dan mayoritas sudah ditetapkan sebagai zona hijau.

Di samping itu, Luhut mengatakan pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang komprehensif dalam penanganan Covid-19 sehingga semua sektor, termasuk pariwisata, sudah mulai dilakukan reaktivasi. Dalam masa pemulihan ekonomi, tutur dia, pemerintah menyiapkan sejumlah program bantuan stimulus agar korporasi maupun UMKM bisa kembali bangkit. Begitu juga pelaku usaha wisata.