Indah Kartika Mutiarawati atau Ike Muti mengunggah satu foto saat dirinya saat sedang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun media sosial pribadinya, @ikemuti16, Kamis (30/07/2020). Bersama foto tersebut disertakan narasi yang lantas membuat heboh netizen, khususnya yang menjadi follower Ike Muti.

"TUHAN MEMANG BAIK disaat #pandemi saya masih ada bbrp tawaran #webseries Clapper board tapi kalau ada tawaran rezeki ke saya dengan MEMINTA SAYA UNTUK MENGHAPUS FOTO2 DISOSMED yang ada BAPAK PRESIDEN kita  @jokowi kok rasanya…" 

Narasi itu kira-kira berarti tetang pengakuan Ike Muti mendapat tawaran pekerjaan yang bekerja sama dengan klien dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Menurut dia syarat pekerjaan tersebut harus menghapus foto dirinya dengan Presiden Jokowi di akun media sosialnya. 

Menanggapi unggahan Ike Muti yang langsung menuai respons pro dan kontra warganet tersebut, Pemprov DKI Jakarta melayangkan surat somasi kepada Ike Muti atas tuduhan isi unggahan yang dinilai tidak sesuai fakta yang terjadi. 

"Benar, kami mengirimkan surat itu kepada Ike Muti setelah saya membaca unggahannya. Kami sebagai institusi telah menelusuri kebenaran dari pernyataan yang diungkap oleh Ike, namun kami tidak temukan kejadian itu benar adanya sehingga kami memberikan surat somasi tersebut," ungkap Kepala Biro Hukum DKI Yayan Yuhanah, (31/07/2020). 

Surat Somasi untuk Ike Muti dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Dalam surat somasi tersebut, Pemprov DKI meminta Ike Muti untuk menunjukkan bukti dari penawaran proyek yang ditawarkan kepada Ike. Termasuk juga menyebutkan penanggung jawab dari proyek tersebut serta pernyataannya yang meminta Ike menghapus unggahan fotonya bersama Presiden Jokowi.  

"Segala sesuatu yang membawa institusi, Pemprov DKI, ya ada dampak hukumnya, kami tunggu 2x24 jam seperti yang kami minta di surat itu jika tidak ada klarifikasi ya akan kami pertimbangkan untuk memprosesnya lebih lanjut," pungkas Yayan. 
Hingga tulisan ini dibuat, kumparan telah mengontak Ike Muti melalui akun Instagram pribadinya, namun belum mendapatkan respons apa pun.  

Di dunia film dan sinetron Indonesia, nama Ike Muti sebenarnya kurang terlalu dikenal. Wajahnya mulai sering wara wiri di ingatan penonton televisi Indonesia ketika berperan sebagai Euceu, isteri Kang Bahar yang diperankan Didi Petet di sinetron fenomenal berjudul Preman Pensiun. Selain menjadi pelakon, wanita kelahiran Jakarta, 16 September 1972 ini juga aktif sebagai relawan dan pegiat Anti Narkoba.
 

Sumber: Kumparan-Wikipedia, dan Sumber Lain