Hari Raya Idul Adha telah tiba, saatnya bagi Umat Islam untuk melaksanakan Ibadah Qurban dan Ibadah Haji (bila mampu). Ibadah Qurban memiliki filosofi menolong sesama dan berbagi kepada yang membutuhkan. Hewan Qurban seperti sapi, kambing, dan domba dipotong untuk kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada yang membutuhkan. Seperti yang sudah diketahui bersama, orang yang berqurban juga mendapatkan bagian dari daging qurban yang dipotong. Ada beberapa ide masakan yang cocok untuk mengolah daging qurban anda berikut daftarnya:

1. Sate


Foto : pixabay

Merupakan salah satu makanan yang populer pada saat Idul Adha, anda dapat membuat sate kambing dari daging yang dibagikan. Yang harus diperhatikan adalah memastikan daging tidak keras dan mengurangi bau. Untuk daging sapi, anda dapat membuat sate maranggi, masakan dari Jawa Barat dengan potongan cabai dan perasan jeruk nipis


2. Gulai


Foto : maulisa lisa / flickr

Ada banyak sekali variasi masakan gulai. Untuk daging kambing anda dapat mencoba gulai kambing gaya betawi. Sementara untuk daging sapi anda juga dapat membuat versi gulai sapi Padang dengan banyak santan.

3. Korned


Foto : eekim / flickr

Tahukah anda bahwa korned daging yang dibuat sendiri jauh lebih nikmat dibandingkan korned sapi yang kita beli di minimarket. Masakan ini juga cukup awet untuk disimpan berhari-hari.

4. Tongseng


Foto : yumarnamto / flickr

Tongseng merupakan hidangan dengan rasa pedas, manis, dan gurih sekaligus. Anda dapat membuat tongseng dari daging sapi atau daging kambing. Namun kami menyarankan untuk membuatnya dari daging kambing karena lebih beraroma dan memiliki rasa yang kuat dibandingkan daging sapi