Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat proses belajar harus dilakukan dari rumah atau dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan belajar-mengajar ini dilakukan secara virtual dengan memaksimalkan bantuan teknologi yang ada. Baik guru, siswa/siswi, bahkan orang tua harus beradaptasi dengan kegiatan virtual class atau learning.

Berkaitan dengan itu brand teknologi asal China, Huawei kini menghadirkan sebuah perangkat tablet terbaru bernama Huawei MatePad. Tablet ini memiliki sejumlah fitur terdepan untuk menunjang pembelajaran anak.

Mulai, 15 Juli kemarin, konsumen di Indonesia sudah bisa mulai melakukan pre-order Huawei MatePad yang dibanderol seharga Rp4.299.000 dengan sejumlah promo menarik.

Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia Lo Khing Seng menyebut bahwa Huawei MatePad bisa jadi teman terpercaya anak-anak untuk menavigasi dunia digital.

"Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini gadget menjadi kebutuhan penting dalam setiap kegiatan inti dari masyarakat Indonesia, baik itu untuk bekerja maupun belajar. Mengerti kebutuhan ini, Huawei hadirkan MatePad yang mampu menjadi penunjang belajar anak-anak yang nyaman, aman, dan inovatif," kata Lo dalam keterangan resminya.

Perangkat tablet aman dan terkendali (Kids Corner)
Huawei MatePad dilengkapi dengan aplikasi Kids Corner sebagai ruang aman bagi anak-anak untuk merasakan keunggulan dan serunya menggunakan tablet baru ini.
Secara keseluruhan, terdapat empat fungsi yang tersedia di Huawei MatePad Kids Corner, yakni recorder, kamera, melukis (kids painting), dan multimedia.

Dengan aplikasi ini, anak-anak bisa menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk karya lukis yang bisa dengan mudah disimpan dan ditinjau kembali dengan multimedia folder khusus yang juga bisa menyimpan hasil rekaman suara maupun foto, juga multimedia lainnya yang orang tua bagikan untuk mereka.

Fungsi Parental Control menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam menentukan gawai yang tepat untuk anak-anaknya.

Di Huawei MatePad, orang tua bisa menetapkan batasan berapa lama sang anak dapat menggunakan tablet, serta lama istirahat yang dibutuhkan di antara sesi penggunaan.

Orang tua pun bisa menyesuaikan beranda Kids Corner dengan menambahkan aplikasi yang bisa digunakan anak-anak ke layar.

Hal ini bisa memperkaya pengalaman anak dalam menggunakan tablet secara maksimal, namun tetap terkendali bahkan ketika mereka dibiarkan sendiri dengan perangkatnya.

Orang tua juga tidak perlu khawatir anak-anak bermain dengan tablet ketika harus mengerjakan tugas sekolahnya. Mereka bisa menggunakan fitur 'unrestricted apps' di bagian panel kontrol orang tua.

Aplikasi ini dapat digunakan tanpa batas waktu. Jadi bahkan pada waktu tertentu saat anak harus mengerjakan tugas sekolahnya, orang tua tidak perlu khawatir tentang Kids Corner yang bisa mendistraksi konsentrasi belajarnya.

Mode Eye Comfort memberi menyamanan bagi pengguna
Khawatir gangguan mata pada anak apabila menggunakan gawai terlalu lama? Kali ini orang tua bisa lebih tenang karena Huawei MatePad menghadirkan mode eye comfort untuk seluruh penggunanya.

Terutama di bagian Kids Corner, filter cahaya biru meminimalkan emisi cahaya untuk membantu meringkankan kelelahan visual. Namun, ketika anak-anak menggunakan gawai dengan postur tubuh tertentu, orang tua tetap harus mengingatkannya agar duduk dan melanjutkan menggunakan tablet dengan postur yang tepat.

Dengan sensor cahaya sekitar, tablet dapat menganalisa apabila pengguna memakainya di dalam kondisi cahaya yang tidak optimal.

Huawei MatePad memiliki rasio 84 persen screen-to-body ratio serta peningkatan Huawei ClariVu Display untuk memastikan pengguna tidak perlu menyipitkan mata karena alogritmanya menyesuaikan detail atau konten yang kurang jelas dengan kontras rendah sehingga lebih nyaman untuk mata.

Ada juga eBook yang menyimulasikan kertas hitam-putih seperti efek mengurangi rona cerah.

Selain itu, ada juga pengingat notifikasi lainnya untuk menjaga kesehatan mata pengguna tetap baik.

Misalnya, ketika pengguna tergoda menggunakan tablet dalam posisi berbaring atau pun menggunakan tablet di mobil dengan kondisi jalanan bergelombang, Huawei MatePad akan memberikan peringatan bagi pengguna untuk segera memperbaiki postur tubuh, hingga dengan peringatan bumpy road akan muncul dan meminta pengguna untuk meletakkan tablet sejenak demi kenyamanan yang maksimal.

Lebih penting lagi, Huawei MatePad juga memiliki filter cahaya biru yang telah disertifikasi oleh TV Rheinland Low Blue Light sehingga penggunaan layar tidak mengganggu siklus tidur di malam hari.

Baterai tahan lama menunjang produktivitas pembelajaran
Terkadang, ketika sedang mendengarkan guru menerangkan pembelajaran maupun video-call dalam rangka kerja kelompok, tapi tidak ada soket untuk mengisi daya baterai perangkat.

Untungnya, Huawei MatePad telah dilengkapi dengan baterai besar 7250mAh yang mengoptimalkan konsumsi energi untuk menghemat penggunaan.
Menurut hasil pengujian, Huawei MatePad dapat bertahan selama 12 jam pemutaran video 1080p resolusi tinggi secara terus menerus, atau 12 jam non-stop online browsing dengan sekali pengisian penuh.

Masa pre-order Huawei MatePad dimulai sejak 15 Juli hingga 24 Juli 2020 dengan harga Rp4.299.000, serta cashback hingga Rp850.000 dan MatePad Flip Cover senilai Rp299.000.

Konsumen dapat melakukan pre-order di Huawei High-End Experience Store (HES) yang terdapat di HES Mall Taman Anggrek, HES Pondok Indah Mall, HES Emporium Mall (Jakarta), HES Summarecon Mall Serpong (Tangerang), HES Galaxy Mall 3, HES Tunjungan Plaza, HES Pakuwon (Surabaya), dan HES Deli Park (Medan).

Pre-order juga bisa dilakukan melalui saluran online di toko resmi Huawei Indonesia di berbagai e-commerce, seperti JD.ID, BliBli, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan eraspace.com, serta saluran offline seperti Erafone, Urban Republic, dan gerai Indosat Ooredoo. Pre-order ini juga didukung oleh beberapa bank yakni BCA, Bank Mega, Citibank, digibank oleh DBS, Mandiri, Maybank, dan Permata Bank.

"Kami berharap dengan seluruh fitur-fitur menarik dari Huawei MatePad ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari perangkat serba bisa, agar kegiatan belajar dan mengajar di rumah bisa jadi lebih menyenangkan dan produktif," tutup Khing Seng.