Sebuah video amatir yang menyorot aktivitas pertambangan emas liar beredar luas di media sosial. Video dengan durasi lebih dari 1 menit ini diunggah oleh akun Alex Subrata di media sosial Twitter pada Minggu (12/7/2020). 

Video yang berjudul “VIRALLL...Ada Tambang Emas Liar di Bolmong Sulut” ini direkam pada Sabtu (11/7/2020), pukul 16.45 WITA.

Dalam video, terlihat dengan jelas adanya aktivitas pengerukan tanah menggunakan alat berat. Tanah yang dikeruk kemudian dimuat dalam sebuah truk.

Video yang juga dilengkapi dengan koordinat lokasi 0°42’26.31”N 124°12’42.858”E ini bila dicek menggunakan Google Maps diketahui berada di Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara. 

Berdasarkan citra satelit Google, di lokasi sesuai koordinat tersebut memang terlihat dengan jelas adanya pengerukan tanah yang cukup luas.

Aktivitas tambang emas liar di Bolmong Sulut sebelumnya memang ramai disorot berbagai kalangan. Disebutkan, penambangan emas di kawasan PT Bulawan Daya Lestari (BDL) tersebut sudah tidak lagi mengantongi izin sejak 10 Maret 2019 lalu. 

Sementara menurut Dirut BDL Hadi Pandunata, pihaknya hingga kini masih mengurus perpajangan IUP-OP dan IPPKH atas nama BDL.

Terkait masih adanya kegiatan penambangan emas secara ilegal tersebut, suara penolakan telah berulangkali datang dari aktivis lingkungan, aktivis antikorupsi, pengamat energi, pakar hukum, hingga DPR.

Berikut videonya, yang dikutip dari media sosial: