WISATAWAN yang berlibur di Amerika Serikat terjebak di bandara pada hari terakhir Thanksgiving setelah lebih dari 1.240 penerbangan dibatalkan karena badai salju yang menyapu seluruh Midwest.

Peringatan badai salju dikeluarkan di daerah-daerah yang membentang di timur laut Kansas hingga Chicago. "Salju sudah turun di beberapa wilayah termasuk Kansas, Missouri tengah, Nebraska tenggara dan Iowa selatan," kata Bob Oravec, ahli meteorologi National Weather Service.

Badai itu membawa angin dari 30 hingga 35 mil per jam (48-56 kph), dengan hembusan hingga 45 hingga 50 mil mph (72-80 kph). Total salju diperkirakan menjadi 6 hingga 12 inci (15-30 cm) di area tersebut.

Oravec mengatakan Kansas dan Chicago berselimut badai salju pada  Minggu. Lebih dari 1.240 penerbangan yang menuju ke atau dari Amerika Serikat dibatalkan pada Minggu malam, menurut FlightAware.com.

Sebagian besar pembatalan adalah penerbangan yang berangkat atau tiba di Bandara Internasional Chicago O'Hare dan Bandara Midway Chicago, yang dikombinasikan dengan total sekitar 900 penerbangan dibatalkan.

Di Bandara Internasional Kansas City, hampir 200 penerbangan dibatalkan. []