MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan tak mudah melalui perjalanan 2018, tetapi ia optimis APBN akan ditutup dengan pertumbuhan penerimaan dan belanja negara yang meningkat namun defisit tetap terjaga rendah.

“Kami optimis tapi tetap waspada. Waspada dan kehati-hatian adalah bentuk pertanggungjawaban bahwa ekonomi itu tidak selalu berjalan linear dan stabil tapi kita harus mampu menjaganya secara baik,” kata  Menkeu dalam peluncuran Kompas Grup (KG) Media di Hotel Ritz Carlton, Kamis (22/11).

Kelompok Kompas Grup (KKG) menggabungkan seluruh anak perusahaan yang bergerak di bidang media sebagai penyesuaian untuk berinovasi memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan merespon disrupsi teknologi.

“Jadi, kalau Kompas Grup sekarang mengalami disrupsi dan insting untuk survive adalah dengan bertransformasi, saya termasuk yang berbahagia karena saya ingin Kompas akan terus selamanya hidup selama Indonesia ada,” ujar Menkeu saat memberikan pidato pada acara Peluncuran KG Media.

Seperti naik kapal, kita tidak pernah tiap hari akan mendapati laut selalu tenang. Kadang-kadang gelombang terjadi bahkan terjadi tsunami. Tetapi bagaimana membuat seluruh penumpang dan kapal tetap menuju tujuan.

Menkeu mengatakan, disrupsi juga bisa terjadi dalam ekonomi karena perekonomian dinamis, tidak statis dan tidak linear. Di akhir 2017, negara-negara di seluruh dunia optimis menyambut tahun 2018 dengan pemulihan pertumbuhan ekonomi. Namun, memasuki akhir kuartal 1 2018, terjadi “turbulence” akibat ketidakpastian global serta terjadinya perang dagang antar beberapa negara.

“Seperti naik kapal, kita tidak pernah tiap hari akan mendapati laut selalu tenang. Kadang-kadang gelombang terjadi bahkan terjadi tsunami. Tetapi bagaimana membuat seluruh penumpang dan kapal tetap menuju tujuan, di sinilah kita membuat opsi-opsi kebijakan,” ucapnya.

Menkeu menambahkan, Pemerintah pun harus membangun trust agar rakyat memiliki keyakinan Pemerintah akan melakukan berbagai kebijakan untuk menjaga ekonomi tetap tumbuh kuat, stabil, dan berkesinambungan.

Ia berharap Kompas Grup dan seluruh transformasinya dapat berjalan dengan sukses. Kompas juga mampu menjaga Indonesia dari sisi keberagaman, komitmen akan perikemanusiaan, dan peradaban dengan memberikan informasi yang berkualitas. []