Setelah dalam tiga hari terakhir isu reshuffle semakin berhembus kencang, Wakil Presiden Maruf Amin mendadak muncul membawa kabar gembira bagi jajaran menteri. 

Pasalnya, Wapres memastikan tidak ada perombakan kabinet dalam waktu dekat. Demikian bisikan Wapres sebagaimana disampaikan Jubir Wapres Masduki Baidlowi.

“Menurut Wapres tak akan ada reshuffle dalam waktu dekat,” ujar Masduki, Kamis (2/7//2020) sebagaimana dilansir bisnis.com.

Masduki kemudian memastikan sejauh ini belum ada pembicaraan antara Jokowi dan Maruf terkait kocok ulang kabinet. Hanya saja, sambung Masduki, masyarakat sudah terlanjur serius menanggapi kemarahan yang ditunjukkan Presiden Jokowi sebelumnya.

“Nggak ada pembicaraan mengenai hal itu. Publik dan media banyak salah paham dengan kemarahan Presiden. Dikira itu ditunjukan pada menteri. Padahal tidak demikian. Lantas semua digoreng bermacam-macam,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden mengancam akan mengambil tindakan tegas lantaran jajaran menterinya dinilai kurang sigap menangani wabah dan dampak corona.

“Saya membuka yang namanya langkah entah langkah-langkah politik. Entah langkah-langkah kepemerintahan, akan saya buka langkah apapun,” katanya melalui video dari Sekretariat Presiden yang diunggah 28 Juni 2020.

“Yang extraordinary ini akan saya lakukan untuk 267 juta rakyat kita untuk negara. Bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya,” tegas Jokowi.