WhatsApp pada hari Rabu (1/7/2020) pada blog resmi mereka mengumumkan akan ada banyak pembaruan baru untuk aplikasi seluler dan Whatsapp Web.

WhatsApp untuk Android dan iPhone akan mendapatkan fitur baru seperti stiker animasi dan kode QR bersama dengan fungsi panggilan video yang ditingkatkan dalam beberapa minggu mendatang. Selain itu, WhatsApp untuk Web akhirnya akan bisa menggunakan Dark Mode.

Apa saja fitur terbaru yang akan diluncurkan Whatsapp?

Pertama, pengguna WhatsApp akan segera dapat berkomunikasi dengan stiker animasi. Pengembangan dilakukan beberapa hari setelah sebuah laporan menyarankan pengujian fitur ini pada platform chat tersebut. Aplikasi obrolan juga akan memperkenalkan Kode QR bagi pengguna untuk menambahkan kontak baru dengan lebih mudah.

"Segera ketika Anda bertemu seseorang yang baru, Anda akan dapat memindai kode QR mereka untuk menambahkannya ke kontak Anda. Tidak lagi mengetuk digit mereka satu per satu," menurut Whatsapp dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, pengguna akan dapat memperbesar video peserta menjadi layar penuh selama panggilan grup video. WhatsApp sendiri pada bulan April sudah meningkatkan batas panggilan grup menjadi delapan peserta.

Platform ini selanjutnya akan menambahkan ikon video pada panggilan grup. Dengan mengetuk ikon video, pengguna akan dapat memulai panggilan video grup secara langsung ke delapan anggota, bukan menambahkannya satu persatu. Perusahaan telah memperkenalkan fitur serupa pada bulan April di mana ikon video ditambahkan ke grup WhatsApp dengan hingga empat anggota.

Fitur terakhir adalah Dark Mode yang nantinya juga akan bisa digunakan oleh pengguna Whatsapp Web. Fitur-fitur baru ini rencananya akan resmi diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang