Pandemi COVID-19 tidak menjadi halangan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya di wilayah Jawa Barat. Melalui Program Kemitraan, hingga bulan Mei 2020, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyalurkan pendanaan hingga Rp 5,75 milyar untuk berbagai sektor industri kecil, seperti perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, jasa dan lain-lain.

Unit Manager Communication Relation MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, Pertamina terus mendorong dan mendukung penyaluran pinjaman kemitraan kepada UMKM. Pembiayaan, terlebih di masa pandemi, diharapkan bisa membantu pengusaha untuk tetap membangun bisnisnya.

Tak hanya pendanaan, Pertamina juga melakukan pembinaan agar UMKM dapat menopang perekonomian masyarakat.

Salah satunya melalui kerja sama Pertamina dengan Hotel Horison Ultima, Bandung. Kerjasama ini berwujud Sudut Kriya, yakni tempat untuk menjual hasil produk UMKM asal Jawa Barat, khususnya yang didukung oleh kaum perempuan.

“Sudut Kriya merupakan inisiasi bersama Pertamina dan Hotel Horison Ultima Bandung. Kami memberi fasilitas ruang penjualan produk di lobi hotel, yang menjadi etalase produk UMKM ini," jelas Dewi. 

Sudut Kriya UMKM di Hotel Horison diresmikan pada Jumat, 26 Juni 2020, oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Istri Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Gusti Ayu mengatakan, Pertamina dapat memperluas pembinaan serta pemasaran bagi UMKM di Jawa Barat, baik dengan menggandeng hotel maupun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Potensi pengembangan UKM di Jawa Barat sangat besar, Pertamina agar bersinergi dengan Dekranasda dan mitra binaan Pertamina nantinya diharapkan bisa membuka outlet produknya di tempat-tempat strategis, antara lain di BIJB Kertajati,” jelasnya.

Di Sudut Kriya Hotel Horison Ultima Bandung, terdapat sekitar 30 produk UMKM dari kerajinan tangan, fashion, hingga makanan asal Jawa Barat. 10 diantaranya merupakan Mitra Binaan Pertamina seperti Kahla Tempe Kripik, Batik Rosdiana, dan Smile Cookies.

Selain dijual di hotel, pengelola juga telah menginisiasi penjualan produk dengan hampers paket oleh-oleh khas Jawa Barat, yang sudah dipasarkan pada bulan Ramadhan dan Idul