Pandemi Covid-19 yang berlanjut dengan masa karantina memberi pukulan keras bagi keadaan keuangan banyak orang.

Namun, hal itu bukan berarti membuat kita jadi berputus asa dan berhenti berusaha.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyiapkan diri dan menambah ilmu agar kita memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mendapatkan penghasilan.

Berikut beberapa skill yang penting dikuasai untuk meningkatkan kualitas saing ketika mencari pekerjaan.

Bahasa

Salah satu kemampuan paling mudah dipelajari sendiri selama karantina Corona adalah bahasa. Apalagi pintar berbahasa asing punya nilai yang cukup tinggi dalam dunia kerja. Tak perlu datang ke tempat les atau menyewa guru ke rumah, berkat internet kini kamu bisa mempelajarinya sendiri berbekal handphone atau komputer. Banyak tersedia aplikasi dan video tutorial yang bisa jadi cukup bekal.

Belajar bahasa baru selama pandemi Corona pun bisa sejalan dengan hobi lain yang sering kamu lakukan di waktu ini. Yakni menonton film atau drama dari negara yang bahasanya sedang dipelajari. Dari video-video tersebut. kamu bisa mempelajari bahasa itu dalam bentuk percakapan sehari-hari yang bisa memudahkan komunikasi.

Masak

Selain belajar bahasa, memasak menjadi kemampuan yang banyak dipelajari selama pandemi Corona. Tidak bisa pergi ke restoran, banyak orang beralih ke dapur sendiri untuk membuat makanan atau minuman enak sendiri. Mungkin kemampuan ini tidak selalu bisa dimasukkan dalam CV tapi bukan berarti kurang penting. Dengan belajar masak, mungkin saja kamu bisa membuka bisnis baru yang justru lebih banyak mendatangkan uang dibanding kerja kantoran.

Coding

Bicara mengenai kemampuan baru yang bisa menunjang di dunia kerja, coding adalah salah satunya. Di masa depan, diprediksi jika coding masih akan menjadi kemampuan yang banyak dicari. Kemampuan ini bisa dipelajari sendiri selagi ada banyak waktu luang hanya dengan berbekal komputer dan internet paling tidak untuk hal-hal dasarnya. Kemampuan ini cocok untuk kamu yang ternyata merasa lebih nyaman bekerja di rumah dan ingin beralih ke pekerjaan terkait coding.

Fotografi

Punya kamera tapi merasa tidak bisa mengoperasikannya dengan maksimal? Hal ini dapat dipelajari selama masa PSBB. Kamu yang ingin meningkatkan kemampuan fotografi bisa mulai menonton video tutorial atau bereksperimen sendiri dengan berbagai setting-nya. Bukan hanya yang ingin jadi fotografer, kemampuan ini patut dipelajari untuk sekadar memperindah media sosial.

Melukis/ Menggambar

Selama Corona, banyak orang berapa orang mencari jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah tanpa tatap muka. Pekerjaan yang melibatkan menggambar atau melukis pun bisa dipertimbangkan. Kamu yang sudah suka atau punya ketertarikan pada bidang seni ini juga bisa memperdalam teknik dengan membuka pesanan mendesain.