Thomas Lane, satu dari empat mantan perwira polisi Minneapolis yang didakwa atas kematian George Floyd, dibebaskan dari penjara pada hari Rabu setelah menebus uang jaminan sebesar $ 750.000.

Seperti dilansir dari E! News, Lane dibebaskan tak lama setelah pukul 4:00 malam. dari penjara Hennepin County. Dia menghabiskan tepat satu minggu di balik jeruji besi.

Pengacaranya, Earl Grey, memberi tahu E! News dalam sebuah pernyataan, "Thomas telah kami bebaskan dengan jaminan. Kami senang dia keluar. Jauh lebih mudah untuk membela klien yang keluar dari penjara. Sekarang kita dapat membela kasus ini seperti yang kita inginkan."

Pada 3 Juni lalu, Lane dituduh membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tingkat dua dan membantu serta bersekongkol dalam pembunuhan tingkat dua sehubungan dengan penahanan George Floyd yang berujung kematian.

Beberapa hari sebelumnya pada hari Senin, 25 Mei, Floyd dinyatakan meninggal setelah petugas polisi Derek Chauvin menjepit pria berusia 46 tahun itu ke tanah dengan berlutut di lehernya. Menurut pengaduan pidana yang diperoleh E! News, Lane, yang awalnya membawa Floyd untuk ditahan, menahan kedua kakinya ketika dia berulang kali berteriak, "Aku tidak bisa bernapas" dan "Aku akan mati."

Lane, dan dua petugas di tempat kejadian, Tou Thao dan J. Alexander Kueng, dipecat dari kepolisian tiga hari setelah kematian Floyd, dan ditangkap enam hari kemudian. Thao dan Kueng juga menghadapi dakwaan kejahatan yang sama dengan Lane.

Sementara itu, Chauvin yang didakwa melakukan pembunuhan tingkat dua dan pembunuhan tingkat dua, tetap di penjara dengan uang jaminan $ 1,25 juta dan belum memasukkan pembelaan.

Thao dan Kueng juga masih ditahan di tahanan polisi dengan jaminan $ 750.000.

Membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tingkat dua akan mendapatkan hukuman maksimum tidak lebih dari 40 tahun dan membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tingkat dua akan memperoleh hukuman maksimum tidak lebih dari 10 tahun, atau pembayaran denda $ 20.000.

Kematian Floyd telah memicu protes global terhadap ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi. Pada hari Selasa, ia dikuburkan di Houston.