Sebanyak 34 DPD Partai Gerindra dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang berlangsung secara virtual pada Kamis (4/6), meminta Prabowo Subianto untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum.

"Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra secara virtual pada tanggal 4 Juni 2020 dari pukul 19.00 sampai selesai, 34 DPD Gerindra yang membawa aspirasi seluruh DPC seluruh Indonesia, meminta kembali Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum Partai Gerindra 2020-2025," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Jumat (5/6/2020).

Dijelaskan Dasco, pertimbangan 34 DPD Gerindra sepakat Prabowo kembali memimpin karena partai masih membutuhkan figur yang memimpin perjuangan partai ke depan.

Perjuangan partai tersebut terutama saat munculnya ide untuk menaikkan ambang batas parlemen dalam Pemilu 2024 dan menyongsong Pilkada 2020.

"Seluruh komponen daerah Partai Gerindra meminta Prabowo untuk memimpin perjuangan tersebut," ujarnya.

Atas dukungan bulat tersebut, Dasco menyebut Prabowo menerima permintaan itu karena menilai hal tersebut sebagai perintah partai yang harus dilaksanakan.

Dasco mengatakan, Rapimnas Partai Gerindra berakhir pada Jumat (5/6) pukul 1.30 WIB dini hari membuat kesepakatan bahwa hasil Rapimnas akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Kongres Partai Gerindra yang akan ditentukan waktunya.

Jika dibandingkan dengan partai lain, sosok Prabowo di Gerindra persis seperti Megawati di PDI Perjuangan yang sejak didirikan hingga saat ini tetap dipercaya sebagai Ketua Umum.