Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra di daerah kompak meminta Prabowo Subianto kembali menjadi ketua umum untuk periode 2020-2025.

Hal tersebut ditegaskan Sufmi Dasco Ahmad melalui pesan suara kepada wartawan, Jumat, (05/06/2020). Permintaan agar Prabowo Subianto kembali menjadi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, Sufmi Dasco dicetuskan dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, (04/06/2020) kemarin. 

"Tiga puluh empat DPD yang membawa aspirasi seluruh Dewan Pimpinan Cabang seluruh Indonesia meminta kembali Prabowo Subianto menjadi Ketum Gerindra 2020-2025," jelas Sufmi Dasco.

Lebih jauh Sufmi Dasco menjelaskan, permintaan itu lahir karena pertimbangan bahwa Partai Gerindra masih memerlukan figur perekat, pengayom, dan pemimpin perjuangan partai ke depan. 

"Apalagi di tengah-tengah munculnya ide untuk menaikkan parliamentary threeshold dalam Pemilu 2024 serta menyongsong Pilkada serentak 2020," urainya.

Sejumlah partai memang mengusulkan parliamentary threeshold atau ambang batas parlemen dinaikkan dari 4 persen menjadi 5 persen untuk Dewan Perwakilan Rakyat. Bahkan ada yang mengusulkan menjadi 7 persen. Adapun Pilkada serentak akan digelar 9 Desember 2020 di 270 wilayah.

"Seluruh komponen pimpinan daerah Partai Gerindra meminta kembali Pak Prabowo memimpin perjuangan tersebut," ujar Sufmi Dasco lagi. 

Prabowo Subianti, kata Sufmi Dasco, menerima permintaan tersebut. "Pak Prabowo menerima sebagai sesuatu yang dianggap perintah partai."

Rapimnas virtual itu digelar mulai pukul 19.00 hingga 01.30 dini hari. Kesepakatannya, kata Dasco, rapimnas Gerindra akan dilanjutkan dengan kongres yang akan dijadwalkan belakangan.