Dalam rangka menjamin bansos tepat sasaran, Ketua KPK Firli Bahuri meluncurkan aplikasi Jaga melalui konferensi video bersama Menteri Sosial Juliari P.Batubara dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. Jaga adalah platform pencegahan korupsi yang mengembangkan fitur baru tentang pelaporan dan pencarian informasi seputar bansos. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Jaga ataupun mengunjungi laman, untuk kemudian melaporkan kejanggalan penyaluran bantuan, dan diteruskan ke pemerintah daerah terkait. 

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa tidak sedikit APBN maupun APBD yang digelontorkan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19, salah satunya program Bansos. Firli menegaskan bahwa program ini harus tepat sasaran sehingga dapat membantu dan meringankan beban masyarakat. Sementara itu, Menteri Sosiap Juliari P. Batubara mengatakan bansos merupakan program utama pemerintah dalam menaggulanagi pandemi COVID-19, tidak hanya kesehatan ataupun ekonomi, tetapi tentunya perlindungan sebagai satu kunci keberhasilan dalam menanggulangi wabah ini. 

Dalam kesempatan ini, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menuturkan bahwa BPKP ditugaskan Presiden untuk melakukan pendampingan pengawasan terhadap akuntabilitas keuangan negara dalam percepatan penanganan COVID-19. BPKP juga ditugaskan untuk melakukan pengawasan intern terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional. BPKP sudah terlibat dari awal untuk sebisa mungkin menyusun setiap perencanaan dan melakukan pengawalan agar penanggulangan dapat cepat tanpa meninggalkan aspek akuntabilitas. Langkah pengawalan BPKP dilakukan, baik di pusat maupun di daerah. Langkah pengawalan BPKP di pusat, di antaranya koordinasi dengan gugus tugas nasional di BNPB, Kemendagri, KPK, Kejaksaan Agung, LKPP, dan Kemendes PDTT. 

BPKP juga sudah memitigasi risiko terkait penanganan COVID dan sudah memberi atensi kepada kementerian/lembaga mengenai hal-hal yang menjadi penyimpangan. Di daerah, BPKP berkoordinasi dengan seluruh gubernur, bupati, dan wali kota, serta berkoordinasi dengan APIP Pemda dalam pengawasan refocussing dan realokasi anggaran di Pemda.

Dengan diluncurkannya aplikasi Jaga, diharapkan dapat memcegah terjadinya kecurangan, ataupun ketidaktepatan program bansos. Selain melalui aplikasi Jaga, masyarakat juga dapat mengajukan aduan melalui call center Kemensos, atau saluaran pengaduan BPKP di seluruh Perwakilan BPKP di Indonesia.