Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir bersama Komandan Kodim 1417 Kendari Alamsyah, memantau pelaksanaan rapid tes yang berlangsung di Lippo Plaza Kendari, Kamis sore (21/5/2020).

Wali Kota Kendari mengatakan, rapid tes yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Kota Kendari ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan di pasar tradisional dan pelabuhan.

“Ini dalam rangka memberikan perlindungan pada masyarakat. Hari ini kita lakukan di Lippo Mal karena ini salah satu mal terbesar. Kita rapid ini petugasnya atau karyawannya yang melayani masyarakat dan sebagian pengunjung,” jelasnya usai memantau rapid tes.

Wali kota mengatakan, jika ditemukan warga yang menunjukkan hasil reaktif maka, warga tersebut akan dikenakan gelang dan diminta untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab.

“Warga diminta melapor ke Dinas Kesehatan untuk dilanjutkan swab, kalau hasil swabnya positif dengan terpaksa harus kita rawat di rumah sakit. Ini upaya maksimal yang dilakukan pemerintah kota,” katanya.

Wali kota melanjutkan, rapid di pusat perbelanjaan ini juga untuk menjawab keresahan masyarakat tentang pembebasan terhadap masyarakat yang beraktifitas di pusat perbelanjaan.

Rapid tes yang berlangsung di Lippo Plaza ini mengambil sampel acak melibatkan 100 orang.