Yakin bahwa Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 adalah sebuah teori konspirasi bisnis, I Gede Ari Astina alias Jerinx mengkritisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah petinggi negeri lainnya dengan melontarkan pertanyaan pedas terkait Organisasi Kesehatan Dunia atau The World Health Organization (WHO) dan Penemu Microsoft Bill Gates.

Drummer grup band Superman Is Dead itu mempertanyakan apakah sebenarnya Jokowi benar-benar tidak tahu bahwa serangan COVID-19 adalah konspirasi bisnis dunia atau memang tahu, namun pura-pura tidak tahu.

"Masih belum percaya jika CV19 (COVID-19) ini skema bisnis? Masih mikir WHO dan Gates bertujuan mulia? Buka matamu Indonesia! Kalau dijajah jangan diam saja! @jokowi @kostergubernurbali @giri.prasta @rai_mantra anda semua tidak tahu apa pura-pura tidak tahu akan fakta ini?," tulis Jerinx sambil memposting video pengakuan Siti Fadilah soal corona, Jumat (22/05/2020).

Jerinx menghantam Jokowi dengan pertanyaan berat itu setelah muncul video wawancara mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadila Supari soal Bill Gates dan COVID-19.

Untuk diketahui, dalam video podcast milik Deddy Corbuzier itu Siti Fadilah mengungkapkan banyak hal tentang kejanggalan dari virus corona yang kini pandemi di dunia.

"Ada sesuatu yang aneh untuk saya ya. Saya ikutin Bill Gates ini di forum ekonomi. Bill Gates jadi pembicara utama dia di situ menggebu-gebu bahwa nanti akan ada pandemi. Dia bukan dokter kenapa dengan fasihnya menganalisa dunia bakal pandemi, kenapa dia begitu yakin dunia membutuhkan vaksin," ujar Siti Fadilah.

Jerinx merupakan orang yang paling gencar menyuarakan perlawanan pada teori konspirasi di balik wabah COVID-19. Banyak yang mengecamnya, namun banyak juga yang mendukungnya.