Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta buka suara terkait foto sekelompok tenaga kesehatan lengkap dengan alat pelindung diri (APD) memeriksa penumpang pesawat yang baru tiba.

Menurut Kepala KKP Kelas 1 Soetta, Anas Ma'ruf, foto- foto tersebut diambil pada 15 Mei 2020. "Kala itu, tengah dilakukan rapid test terhadap 203 WNI yang baru sampai di Indonesia," ucap Anas.

Anas mengatakan, para tenaga medis yang memeriksa penumpang tersebut merupakan personel KKP.

"Personel KKP dengan APD dan baju hazmat langsung melakukan penanganan screening kekarantinaan kesehatan, termasuk melakukan rapid test terhadap seluruh penumpang pesawat," terang Anas.

Ia mengungkap, ke-203 WNI tersebut kembali ke Tanah Air dengan menggunakan penerbangan Wamos Air.

"Mereka adalah penumpang penerbangan khusus repatriasi atau pemulangan WNI dari Barbados," katanya.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, penerbangan repatriasi oleh Wamos Air dari Barbados itu membawa pulang sekitar 203 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) ke Tanah Air," tambah Anas.

Ia sendiri tak menampik bahwa berdasarkan hasil rapid test, terdapat 131 penumpang dinyatakan reaktif corona

"Dan memang, berdasarkan laporan perwakilan pemerintah RI di luar negeri, terdapat penumpang yang reaktif pada tes cepat Covid-19," ucapnya.

Terhadap seluruh penumpang pesawat, kata Anas, kemudian dilakukan penanganan lebih lanjut di RS Darurat Corona Wisma Atlet.

"Begitu turun dari pesawat, penumpang langsung diantar ke RSDC Wisma Atlet, tidak melalui terminal penumpang," demikian Anas.



Senda dengan Anas, Senior Manager of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga memastikan penumpang pesawat dari penerbangan repatriasi tidak akan melalui terminal untuk penumpang umum.

"Pesawat tidak diarahkan merapat ke terminal penumpang, tapi diarahkan untuk parkir di apron yang telah ditetapkan untuk karantina dan isolasi pesawat," katanya.

Diketahui, sebelumnya media sosial diramaikan dengan foto sekelompok tenaga kesehatan lengkap dengan alat pelindung diri (APD) memeriksa penumpang pesawat.



Dalam keterangan foto tersebut, dituliskan bahwa ada 131 penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 via rapid test.

Pemeriksaan itu disebut dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun ikut disinggung dalam keterangan foto tersebut.

"Tidak berasa air mata bercucuran deras setelah merekap hasil rapid dan didapatkan 131 orang positif dalam satu pesawat," demikian kutipan keterangan foto tersebut.

"Wahai bapak menteri perhubungan yang terhormat.... masihkah anda belum terketuk untuk merevisi kebijakan anda?"