Presiden Jokow Widodo menegaskan bahwa pemerintah bertekad grafik kasus Covid-19 di Indonesia bisa mulai turun pada Mei 2020 ini.

Jokowi menargetkan kasus bisa semakin ringan pada Juni. Hal itu dikemukannya saat Sidang Kabinet Paripurna yang membahas Pagu Indikatif Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2021, Rabu (06/05/2020)

"Target kita di Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai target yang kita berikan yaitu kurva sudah harus turun," kata Jokowi.

Lebih jauh Jokowi menargetkan pada Juni dan Juli, Indonesia harus masuk pada posisi ringan dengan cara apapun. Karena itu ia mendorong Gugus Tugas agar bisa bergerak mendorong turunnya kasus ini.

"Jajaran pemerintahan, organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan, relawan, parpol, dan sektor swasta. Ini yang betul-betul harus diorkestrasi dengan baik," kata Jokowi.

Jokowi meyakini, jika seluruh elemen melaksanakan imbauan dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah disiapkan pemerintah sejak beberapa bulan lalu bisa efektif dan Covid-19 akan bisa diatasi.

"Saya ingatkan untuk penanganan Covid, semua jajaran pemerintahan harus betul-betul berpegang pada prinsip-prinsip good Governance, memegang teguh transparansi, memegang akuntabilitas," kata Jokowi.

Sebelumnya, ilmuwan di Singapore University of Technology and Design (SUTD) akhir bulan lalu merilis prediksi data kapan Pandemi COVID-19 di sejumlah negara akan berakhir.

Khusus di Indonesia, pandemi ini diperkirakan selesai 99 persen pada akhir Juni mendatang. Namun dua hari lalu SUTD merevisi prediksinya dengan dukungan data-data terbaru. Menurut SUTD pandemi corona di Indonesia akan berakhir pada September 2020.

Prediksi SUTD dirilis melalui situs SUTD Data-Driven Innovation dan menunjukkan grafik-grafik dari tiap negara dan prediksi berakhirnya pandemi Corona di negara tersebut. Data yang dipakai berasal dari Our World in Data milik peneliti Universitas Oxford.

Grafik Indonesia menunjukkan pandemi Virus Corona jenis baru akan selesai 97 persen pada 13 Juni 2020, lalu berakhir 99 persen pada 1 Juli 2020 dan secara teori berakhir keseluruhan pada 23 September 2020.