#GoodbyeSandiagaUno jadi trending twitter dan mesin pencarian Google, Senin (4/5/2020) pagi ini. Apa penyebabnya?

Penyebab Sandiaga Uno alias Sandi jadi trending twitter karena mantan wagub DKI itu bergabung bersama Immanuel Ebenezer membagikan sembako di TPA Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/5).

Siapa Immanuel Ebenezer? Ia adalah Ketua relawan Jokowi Mania (Jo-Man) atau pendukung setia Presiden Joko Widodo. Immanuel selama Pilkada DKI 2017 dan Pilpres 2019 dinilai kerap menyerang Alumni 212 dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Selain menjadi ketua relawan Jokowi mania, Immanuel Ebenezer juga Ketua BTP Mania. BTP adalah singkatan dari Basuki Tjahaja Purnama.



Ebenezer beberapa kali dilaporkan ke polisi terkait kasus ujaran kebencian oleh pendukung atau simpatisan Anies Baswedan maupun alumni 212.

Berdasarkan data yang diperoleh bizlaw dari twitter, hingga pukul 07:30 pagi ini sudah ada 9.991 tweet tagar #GoodbyeSandiagaUno.

Sebagian besar netizen (warganet) yang men-tweet tagar itu mempersoalkan kehadiran Sandiaga Uno dalam acara  Immanuel Ebenezer bagikan sembako di Bantargebang, Bekasi.

Para warganet itu kemudian mengungkap sejumlah 'dosa' Immanuel Ebenezer terhadap Alumni 212 atau orang-orang yang selama ini mendukung Sandiaga Uno.

Sementara itu, di mesin pencarian google trend, keyword Sandiaga Uno berada di posisi ketiga setelah Ferdian Paleka dan SWAT.



Alasan Sandiaga Uno bagikan sembako di Bantargebang karena dia peduli terhadap korban wabah Virus Corona atau Covid-19. 

Menurut Sandiaga Uno, kehadirannya memberikan bantuan kepada masyarakat lapisan bawah merupakan bagian dari Aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.

Pandemi Covid-19, menurut Sandi, merupakan masalah bersama. Sehingga seluruh komponen masyarakat harus bergandengan melawan virus ini.

"Saat pandemi semua harus bersatu, tidak boleh ada warna atau keberpihakan secara politik. Saya bersama Jo-Man menegaskan, musuh kita adalah Covid-19. Mari kita lawan dengan mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah," pungkas Sandiaga.