Momen Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi waktu yang baik bagi pabrikan otomotif menjual produknya. Penjualan motor dan mobil baru akan meningkat tajam. Namun tahun 2020, karena pandemi Covid-19 , penjualan menurun dibandingkan Idul Fitri tahun lalu.

Data dari asosiasi pengusaha industri otomotif nasional , Gaikindo, menyebutkan terjadi tren penurunan penjualan motor dan mobil pada bulan Maret. Padahal biasanya tiga bulan atau dua bulan sebelum Idul Fitri terjadi lonjakan penjualan kendaraan.

Disebutkan, pada Januari 2020 penjualan mobil mencapai 80.424 unit. Pada bulan berikutnya, Februari penjuaan terlihat menurun menjadi 79.601. Lalu memasuki Maret, penjualan pun kembali turun , menjadi hanya 76.800 unit.

Padahal pada tahun 2019, pada bulan Maret, penjualan mobil baru yang tercatat Gaikindo mencapai 90.368 unit. Pada bulan April 2019 penjualannya kembali naik menjelang Idul Fitri.

Sementara PT Astra Internasional Tbk, masih mencatatkan penjualan tertinggi untuk jenis kendaraan LCGC, terutama Toyota dan Daihatsu. Pada bulan Maret penjualan LCGC masih tumbuh baik, yakni mencapai 18.507 unit. Masih lebih baik dibandingkan bulan Februari yakni sebesar 16.122 unit kendaraan.