Sesi perdagangan saham di bursa saham utama Asia pertengahan pekan ini, Rabu (25/3) tercatat kembali mengalami lonjakan tajam. Sebagaimana diwartakan sebelumnya, sentimen sangat positif sedang mendera seluruh pasar dari Amerika Serikat.

Usulan paket stimulus yang diajukan  pemerintahan Presiden Donald Trump disebutkan segera mendapatkan persetujuan dari Senat. Kabar tersebut sebelumnya membuat indeks Wall Street melonjak sangat ekstrim, di mana sebelumnya juga telah mendapatkan sentimen positif dari kebijakan dari Bank Sentral AS, The Fed.

Trump mengajukan paket stimulus hingga senilai $2 triliun itu untuk menanggulangi imbas pukulan wabah Coronavirus terhadap kinerja perekonomian AS.

Paket stimulus yang bernilai sangat besar itu disebutkan akan mencakup berbagai bidang, termasuk pemotongan  pajak hingga memberikan  pendanaan bagi sejumlah perusahaan strategis yang sedang terpukul hebat akibat persebaran wabah Coronavirus.

Salah satu perusahaan strategis yang akan mendapatkan pendanaan paket stimulus tersebut adalah Boeing, perusahaan pabrikan pesawat terbesar dunia.

Serangkaian sentimen positif kini bersiap mengguyur pasar Asia. Hingga ulasan ini disunting, indeks Nikkei (Jepang) melambung curam 4,6% untuk menjejak kisaran 18.925,23. Sementara indeks ASX 200 (Australia) melompat tajam 4,15% untuk bertengger di kisaran 4.932,4, dan indeks KOSPI (Korea Selatan) yang melesat 4,44% untuk menginjak posisi 1.681,52.

Bursa saham Indonesia dinyatakan libur di sesi perdagangan hari ini untuk merayakan hari raya Nyepi.