Heboh kinerja Trump dalam memimpin Amerika Serikat akan selalu menyita perhatian pelaku pasar di seluruh dunia, terlebih di bursa Wall Street. Laporan terkini sebelumnya menyebutkan, investor di Wall Street yang dengan sangat cepat berbalik tajam untuk melakukan aksi akumulasi hingga melonjakkan indeks dalam taraf sangat ekstrim sepanjang sejarah.

Lonjakan indeks Wall Street yang mengagumkan tersebut, salah satunya dikontribusi oleh saham pabrikan pesawat terkemuka dunia, Boeing. Perusahaan Boeing yang selama ini nyaris jatuh dalam sekarat itu, nampaknya kini sedang dicoba dihidupkan kembali oleh Trump melalui paket stimulus yang segera  diloloskan Senat AS.

Dalam sebuah kesempatan, Trimp bahkan dengan terang menyatakan bahwa dirinya tidak akan membiarkan Boeing jatuh dalam kebangkrutan, dan akan mengguyur dana yang diklaimnya sebagai ‘kecil’ untuk menyelamatkan Boeing dari petaka produk Boeing 737 Max tahun lalu.

Pernyataan Trump tersebut dengan cepat memantik aksi balik akumulasi investor terhadap saham Boeing. Saham Boeing akhirnya melambung ekstrim hingga 20,89% untuk menutup sesi di $127,68 per lembarnya di sesi perdagangan beberapa jam lalu.

Namun upaya Trump membangkitkan SAHAM Boeing yang nyaris sekarat kali ini nampaknya akan sangat menantang  dan membutuhkan waktu sangat panjang. Grafik harian terkini berikut memperlihatkan tantangan bereat Trump untuk membangkitkan kembali saham Boeing:

Tren jual jangka menengah terlihat sangat solid hingga kini dengan ditunjukkan curamnya indikator MA-Signal (garis berwarna merah) menukik ke bawah.  Posisi indikator MA-Signal bahkan masih sangat jauh dari batas teknikal psikologisnya (tidak terlihat pada grafik di atas) yang berada di kisaran $220.

Pola demikian menunjukkan masih besarnya tekanan jual yang masih mengancam saham Boeing. Saham Boeing diyakini akan mampu selamat dan berbalik membentuk tren penguatan jangka menengah bila bergerak konsisten di atas kisaran $220 dalam 7 hari sesi perdagangan.

Sementara posisi terkini saham Boeing masih berkubang di kisaran $127 (usai meroket fantastis 20,89%), dan sentimen dari Coronavirus masih terus mengintai, tantangan Trump untuk melonjakkan saham Boeing masih sangat berat.

Happy Trading.