Menteri BUMN ditugasi mencari dan mengumpulkan para tenaga medis khususnya dokter yang nantinya ditugaskan untuk menangani pasien corona. Selain itu, Kementerian BUMN juga diminta menyatukan berbagai platform seperti Gojek, Grab, Halodoc, Alodoc, Sobat Dokter, maupun lainnya.

“Kerja sama ini nanti yang akan kami launching secara cepat untuk support pasien-pasien yang mau tinggal di rumah. Akan ada dokter-dokter dari aplikasi-aplikasi platform startup yang akan memantau, mengunjungi mereka,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga melalui teleconference, Selasa (24/3/2020).

Menteri Erick juga membuka kesempatan bagi tenaga medis atau dokter untuk terlibat sebagai relawan. Bagi yang berminat, kata Arya, bisa mendaftar lewat aplikasi tersebut. 

"Kalau bisa relawan, dokter-dokter yang mau bergabung tim kita Anda bisa mendaftar ke aplikasi Halodoc, Alodoc, Sobat Dokter sebagai relawan yang melayani para pasien. Tidak akan bisa dokter menumpuk di satu rumah sakit maka akan kita sebarkan di aplikasi-aplikasi," ujarnya.

Arya menambahkan, ajakan tersebut tidak hanya terbuka untuk wilayah Jabodetabek saja, tetapi untuk seluruh Indonesia.

"Ini tidak hanya berlaku Jabodtabek tapi di seluruh Indonesia kalau ada dokter, tenaga medis yang mau jadi relawan daftarkanlah ke aplikasi supaya bisa me-refer pasien-pasien yang tinggal di rumah," tutupnya.