Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona atau Coronavirus diseases 2019 (Covid 19) di Kaltim. Tanpa dukungan tersebut, mustahil virus mematikan ini dapat dibasmi jika kemungkinan areal penyebarannya masih terbuka. 

Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Syafranuddin, menerangkan kerjasama semua pihak terhadap pemberantasan Covid 19 terutama kesigapan petugas medis, BPBD serta aparat keamanan tidak berarti  jika masyarakat tidak mendukung. 

“Akan sia-sia apa yang dilakukan, berapapun besar kekuatan dan dana yang disediakan jika peluang untuk penyebaran virus corona tetap terbuka lebar. Mari semua lapisan masyarakat ikut peduli seperti mengatur jarak dengan orang lain dalam suatu tempat, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” pesan gubernur.

Kepada masyarakat yang merasa pernah bertemu atau bersilahturahmi dengan pasien yang sudah dinyatakan positif terpapar virus Corona, hendaknya segera melapor ke aparat kesehatan untuk segera dilakukan pemeriksaan.

“Seperti di Balikpapan, mereka yang terkena virus Corona terus membaik kesehatannya karena cepat dilakukan perawatan oleh tim medis. Karenanya warga yang selama ini pernah bertemu dengan pasien yang dirawat segera cek kesehatan tanpa harus menunggu,” pesan gubernur.

Menurut mantan Bupati Kutim ini, ikut menjaga kebersihan lingkungan, memeriksakan kesehatan agar bisa memutus penyebaran virus Corona, merupakan bukti kecintaan kepada NKRI serta bagian dari aksi Bela Negara. 

“Jadi, kesadaran sendiri ikut memutus rantai penyebaran virus Corona ini, merupakan bakti kita kepada NKRI yang tiada lain salah satu bentuk Bela Negara,” tandas gubernur.