Menteri BUMN Erick Thohir mengajak seluruh masyarakat Indonesia mematuhi imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH). Kebijakan ini penting dipatuhi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Selain melalui pernyataan resmi, imbauan tersebut disampaikan Erick melalui secarik kertas yang bertuliskan “KAMI BEKERJA UNTUK KAMU, KAMU DI RUMAH UNTUK SEMUA UNTUK INDONESIA, #BUMNUNTUKINDONESIA,” dengan latar belakang bendera merah putih.

Kebijakan ini pun sudah dilakukan Menteri Erick di Kantor Kementerian BUMN. Pejabat eselon III dan IV maupun staf biasa diminta untuk bekerja dari rumah. Adapun eselon I dan eselon II tetap diminta untuk berkantor seperti biasa.

Menteri Erick juga mengimbau seluruh perusahaan BUMN untuk membatasi pertemuan yang melibatkan banyak orang, termasuk juga rapat di luar daerah. 

Meski begitu, Erick memastikan perusahaan pelat merah tetap beroperasi normal dan tidak ada instruksi penutupan layanan, terutama BUMN yang melayani publik, seperti bank, telekomunikasi, bandara, pelabuhan, penerbangan, kereta api, operator jalan tol, dan rumah sakit.

Untuk mencegah meningkatnya angka penyebaran virus corona, Erick juga menyarankan BUMN dan masyarakat mulai membudayakan rajin cuci tangan, termasuk menghindari acara keramaian.

"Kita lakukan hal terkecil yang harus kita lakukan, mulai dari rutin mencuci tangan, menjaga kebersihan kantor dan rumah, tidak menghadiri konser, pertandingan olah raga, resepsi pernikahan," imbuh dia.

Ia juga meminta warga yang berusia 50 tahun ke atas sedang sakit, menjaga diri dengan tidak keluar rumah.