Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau memberikan gelar kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia. Kampus tempat Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajar tersebut menilai bahwa Wapres memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi syariah.

"Oleh karena itu kami memberi gelar kepada Bapak Wapres sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia," kata Rektor UIN Suksa Riau, Ahmad Mujahidin, dalam rilis resmi Biro Pers Wapres, Jumat (6/3/2020).

Dia menjelaskan, bahwa ekonomi syariah sangat penting karena memperkuat sistem pengaman sosial yang sudah ada. Orang miskin kaum duafa bisa memanfaatkan sehingga mendorong ekonomi sosial.

"Dalam pandangan kami memiliki Prof KH Maaruf Amin kiprah,peran dan karya dalam ekonomi syariah. Ini sebagai bentuk apresiasi kami. Ini murni karena atas karya dan peran bapak dalam pegembagan ekonomi syariah indonesia yang kami pelajari dan amati selama ini," imbuhnya.

Dia menjelaskan, bahwa di Provinsi Riau perkembangan ekonomi Syariah cukup baik. UIN Suksa Riau menyatakan mendukung ekonomi syariah yang saat ini diterapkan Pemprov Riau. 

"Market share ekonomi syariah di Riau sudah di atas 5 persen. Pak Gubernur Riau saat ini gencar meningkatkan ekonomi syariah. Salah satunya adalah konversi Bank Riau Kepri yang selama ini konvensional menjadi bank syariah . UIN Suska sebagai bagian intergraldari masyarakat mendukung Pemprov dalam mendorong ekonomi syariah.”

Dalam penganugerahan itu, dihadiri oleh Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wapres Wury Estu Handayani. Hadir juga dalam acara itu Gubernur Riau, Syamsuar.