Tak ada niat sedikitpun meninggalkan PDIP meskipun pada akhirnya tidak memperoleh restu dari DPP PDIP untuk maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo. Demikian ditegaskan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi Gibran Rakabuming Raka yang baru saja selesai menjalani fit and proper test bakal calon Wali kota Solo di kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020).

Gibran menyatakan dengan tegas komitmen tersebut sekalipun batal mendapat rekomendasi maju Pilkada. “Saya tetap setia dengan PDIP. Jika tidak mendapat rekomendasi sekalipun," kata Gibran. Bahkan, Gibran juga berjanji akan terus berusaha membesarkan partai berlambang banteng moncong putih.

"Saya tetap akan berkomitmen untuk membesarkan partai dengan cara gotong royong. Melibatkan semua elemen baik kultur maupun struktur. Itu komitmen saya," tukas Gibran.

Seperti diketahui, dua kandidat lain yakni Purnomo dan Teguh mendapatkan rekomendasi dari DPC PDIP Solo untuk maju Pilkada Solo. Sementara Gibran mendaftar ke DPD PDIP Jateng untuk ikut juga mendapatkan rekomendasi. Selanjutnya, DPP PDIP memanggil ketiganya untuk menjalani fit and proper test di DPP PDIP. Adapun keputusan akhirnya berada di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani yang juga salah satu panelis fit and proper test, Puan Maharani mengatakan, mekanisme yang dilakukan oleh seluruh calon sudah sesuai dengan mekanisme PDIP.

"Jadi mekanisme ini sudah dijalankan, tahapan, dan kemudian kalau kemungkinan keluar rekomendasi, itu artinya kami PDIP merasa bahwa mekanisme itu sudah dijalani," jelas Puan.