Jenderal Polisi aktif resmi masuk ke Kementerian BUMN. Adalah Irjen (Pol) Drs Carlo Brix Tewu yang ditunjuk sebagai salah satu pejabat di bawah Menteri BUMN Erick Thohir. Penunjukan Jenderal Carlo ini berdasarkan Telegram Rahasia (TR) yang diterbitkan Kapolri pada Selasa (21/1/2020).

Dalam TR disebutkan, Jenderal Carlo dimutasikan dari Deputi V Bidkor Kamtibmas Kemenkopolhukam ke Kementerian BUMN. Masuknya Jenderal Carlo ini merupakan yang pertama kali seorang Jenderal aktif ke Kementerian BUMN.

Selain bertugas di Kemenkopolhukam, Carlo juga dipercaya sebagai Sekretaris Pokja IV Kemenko Perekonomian yang biasa disebut Satgas Percepatan dan Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Ekonomi. 

Satgas ini diketahui memiliki prestasi gemilang yakni berhasil merampungkan 177 kasus dalam tiga tahun terakhir. Adapun potensi investasi yang berhasil diselamatkan dari kasus-kasus tersebut mencapai Rp880 triliun.

Sebelum mengabdi di Kemenkopolhukam dan Pokja IV, Carlo juga pernah dipercaya sebagai Wakapolda dan Kapolda Sulawesi Utara.

Dengan kehadiran Carlo, Menteri Erick tampaknya ingin mempercepat dan memperkuat aksi bersih-bersih perusahaan BUMN.