Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bertemu dengan pihak PT. Petroland Sumatera Indonesia yang merupakan mitra dari PT. Petrokimia Gresik wilayah Sumbagsel di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Kep. Bangka Belitung, Senin.

Dalam pertemuannya, PT. Petroland ingin meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat dipayungi oleh pemerintah dalam mengembangkan komoditi jagung di wilayah babel. Menurutnya, jagung sudah menjadi andalan bagi petani dan kebutuhan pokok di berbagai wilayah Indonesia, seperti Jawa. 

Gubernur Erzaldi Rosman menanggapi dengan baik maksud dari PT. Petroland Sumatera Indonesia. Dalam penjelasannya, pemerintah siap membantu dalam menyiapkan lahan untuk melakukan penanaman jagung. 

“Intinya, kerja sama dengan masyarakat, masyarakat yang kerja di situ, bagi hasilnya, apa yang bapak bantu, dan kami (red: pemerintah) turun langsung membantu,” ungkapnya. 

Beliau ingin jaminan beli ditandatangani sebelum melakukan proses penanaman. Beliau juga menyatakan agar segera mengajukan izin dan semua hal yang dibutuhkan kepada pemerintah. Dalam hal ini, izin diajukan oleh masyarakat yang bekerja sama dengan cara melakukan MoU dengan KKPH. 

Hal ini dimaksudkan agar proses awal dapat segera dilaksanakan. Namun, sebelum penanaman dilakukan, Gubernur Erzaldi ingin pihak Petroland agar melakukan survey dan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.
 
Dalam hal ini, Gubernur Erzaldi juga meminta untuk memilih lahan-lahan yang memiliki potensi agar dapat membantu penghasilan perekonomian para petani. 

Pihak Petroland sendiri menyatakan bahwa akan segera meninjau ke beberapa lokasi per-tanggal 15, lalu saling membahas mengenai proses pengerjaan/penanaman, sosiasasi, dan survey lapangan.

Beliau menegaskan agar segera mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk segera mengajukan permohonan ke pemerintah.

Petroland nantinya akan membungkus proses ini dalam sebuah kelembagaan agar lebih memudahkan dalam menjalin proses kerja sama, sehingga nanti dapat dibuat hubungan kemitraan antara lembaga Petroland dan lembaga masyarakat seperti karang taruna dan kelompok petani.

Gubernur Erzaldi berharap, agar pihak Petroland segera mengajukan izin, menentukan lokasi, dan saling berkoordinasi dengan kelompok masyarakat. Hal ini dimaksud, agar segera diproses sehingga dapat mencapai target sesuai dengan yang telah ditetapkan.