Meski hanya berlangsung beberapa detik saja, Presiden Jokowi dengan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok terlihat sangat akrab ketika keduanya saling berjabat tangan. Momen akrabnya Jokowi dan Ahok terjadi saat penyambutan Jokowi di sebuah hotel di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (12/1/2020). 

Selain Ahok, terdapat sejumlah pejabat Indonesia yang turut menyambut Jokowi. Antara lain, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam foto dan video yang beredar, Ahok merupakan orang terakhir yang disalami Jokowi. Dalam barisan para pejabat yang menyambut Jokowi, Ahok memang berdiri pada barisan paling ujung, atau persis di sebelah kiri Dirut Pertamina.

Saat bersalaman, Jokowi tampak senyum kepada Ahok. Sebaliknya, Ahok juga terlihat senyum sembari sedikit membungkukkan badannya. Keduanya terlihat sangat akrab dan ceria. Dirut Pertamina sendiri juga tersenyum lebar saat Jokowi-Ahok berjabat tangan.

Diketahui, Presiden melakukan kunjungan ke Abu Dhabi untuk menghadiri sejumlah agenda pertemuan. Salah satunya, mengajak investor Abu Dhabi untuk ikut berperan serta dalam proyek pembangunan Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. 

Selain itu, Indonesia juga menjajaki kerja sama di bidang energi. Dalam kaitan kerja sama di bidang energi tersebut, Ahok turut mendampingi Jokowi dalam kapasitasnya sebagai Komut Pertamina.