Mantan Menteri Perdagangan Indonesia dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prof. Mari Elka Pangestu, M.Ec., Ph.D atau yang biasa disapa Mari Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. 

Hal tersebut diumumkan Presiden Bank Dunia David Malpass. Bank Dunia menilai Mari Pangestu memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa.

"Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank dalam peran baru yang penting ini bagi institusi kami," kata Malpass dikutip dari www.worldbank.org, di Jakarta Kamis (09/01/2020)

"Pengalamannya sebagai Menteri senior, kredensial yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti. Bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak kami di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas Pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan, " lanjut Malpass

Mengutip situs Bank Dunia, Mari Pangestu mengatakan merupakan suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya.

"Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia," tutur Mari.

Sebelumnya pada Oktober 2019, Luhut Binsar Pandjaitan yang saat itu menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan Mari Pangestu sebagai pejabat perwakilan Indonesia di Bank Dunia (World Bank).

"Saya sudah bertemu dengan Presiden World Bank yang baru. Dari situ saya melihat pertemuan dengan Malpass sangat bagus. Presiden Jokowi mencalonkan Ibu Mari Pangestu untuk jadi wakil di World Bank," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019) lalu.