Bobby Nasution dan 179 nama bakal calon wali kota Medan lainnya akan dikirim ke Jakarta.

Bobby Nasution memastikan mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Medan. Menantu Presiden Joko Widodo itu akan bersaing dengan 179 nama sudah mendaftar di partai besutan Megawati ini.

Suami dari Kahiyang Ayu itu mengaku telah mengantungi restu mertua dan mempersiapkan diri untuk bertarung di Pilkada 2020. 

"Kalau restu, pak Jokowi kan anak menantunya terserah mau jadi apa, mau ke bisnis birokrat, profesional, terserah. Contohnya dulu istri saya mau daftar CPNS tidak ada intervensi dari mertua saya. Jadi memang tidak pernah menekan," kata Bobby di Kantor DPD PDIP Sumut, Medan, Selasa (3/12).

Bobby mengklaim memahami persoalan-persoalan di ibu kota Sumut tersebut. "Kita maju dengan persiapan mulai persiapan diri sendiri, melihat kemampuan diri sendiri sampai kita melihat masalah di Medan ini seperti apa. Kalau saya rasa, saya sendiri sudah memahami masalah Kota Medan, dan saya rasa saya bisa mengendalikan masalah itu, baru saya mencalonkan diri saya sebagai bakal calon wali kota," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DPD PDIP Sumut, Sutarto menyebutkan sekitar 179 nama sudah mendaftar di DPD PDIP Sumut. Nama-nama tersebut nantinya akan dikirim ke Jakarta, juga akan dilakukan survei untuk mengetahui elektabilitas dan kualitas masing-masing bakal calon.

"Desember kita survei nama-nama dan kita kirim ke DPP. Kita survei, lalu yang menjadi salah satu pertimbangan yakni hasil survei. Tentu mereka harus komitmen Pancasila, ideologi negara, Kebinekaan dan NKRI. Kita harap Desember Insyaallah itu pada ulang tahun PDIP tanggal 10 Januari 2019 mungkin akan ada beberapa nama yang dipertimbangkan DPP untuk mengumumkan itu," paparnya.

PDIP sendiri memilik kader seperti Akhyar Nasution yang saat ini menjabat Plt Wali Kota Medan. Nah, siapa yang akan mendapat restu Megawati?