Saat ini PT Pertamina (Persero) merupakan satu-satunya penyalur avtur ke maskapai di seluruh bandara Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, ingin mendatangkan operator penyalur avtur ke Indonesia. Tujuannya, agar harga avtur segera turun sehingga tarif tiket pesawat bisa segera ditekan.

"Avtur ya engga mungkin satu orang. Orang rebutan, banyak yang mau. Tinggal nanti Kementerian Perhubungan seleksi mana kira-kira yang memenuhi standar kita juga," kata Luhut di Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.

Saat ini PT Pertamina (Persero) merupakan satu-satunya penyalur avtur ke maskapai di seluruh bandara Indonesia.

Menurut Luhut dengan banyaknya kehadiran operator penjual dan penyalur avtur biaya bahan bakar maskapai akan lebih efisien. Karena, maskapai bisa mempunyai pilihan saat membeli bahan bakar Avtur.

"Kita sudah minta, semua harus efisiensi, cost ini ujungnya efisiensi. Kenapa orang lain bisa lebih murah dari kita? Pasti ada yang salah. Orang lain enggak punya minyak, udara aja impor, kok bisa lebih murah dari kita. Tentu ada yang salah. Sekarang oleh perhubungan, oleh kami semua akan diperbaiki," tutur dia.

Kendati demikian, Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini bakal kembali berunding dengan semua pihak terkait hal ini. Dia pun mengusahakan, agar penyalur dan penjual avtur tidak dimonopoli oleh satu pihak.

"Nanti kita lihat. Paling tidak dua lah, jangan satu, jangan monopoli. Dimana-mana monopoli nggak bagus," ujarnya.