Gibran, bisa menyakinkan semua partai untuk mendukungnya maju Pilwalkot Solo 2020.

Ambisi Gibran Rakabuming Raka mengikuti Pilkada Solo 2020 masih terganjal rekomendasi DPC PDI Perjuangan Solo. Sementara, Partai Gerindra, Golkar, PKS dan PKB justru tertarik untuk memajukan putra sulung Presiden Jokowi itu sebagai calon wali kota Solo 2020-2025.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid yakin Gibran, bisa menyakinkan semua partai untuk mendukungnya maju Pilwalkot Solo 2020. Sebab, kata dia, Gibran adalah sosok muda dan milenial.

"Dilihat dari komposisi yang ada saya pikir mampulah Mas Gibran untuk meyakinkan 20 persen dari partai-partai yang ada di Solo," katanya pada wartawan, Minggu (17/11).

Dia mengatakan, partainya juga mendukung Gibran untuk maju Pilwalkot Solo. Alasannya, karena Gibran sosok yang milenial.

"Jadi gini apa namanya mas Gibran ini sosok yang muda di Solo dan PKB seneng kalo ada kader-kader muda. Ada orang-orang baru, milenial," ungkapnya.

"Jadi bukan karena anak presiden tetapi mengapresiasi anak-anak muda masuk di politik kan milenial ini banyak yang alergi dengan politik," sambung Jazilul.

Kendati demikian, Jazilul menegaskan sampai saat ini Gibran belum bertemu PKB untuk meminta dukungan maju Pilwalkot. Namun, PKB mendukung rencana Gibran tersebut.

"Tapi PKB hanya melihat dari jauh bahwa keseriusan Mas Gibran itu baru, belum kita nilai serius karena belum pernah dateng juga ke PKB. Ya tapi PKB mengapresiasi karena mas Gibran ini masih sosok yang muda, berkarya ya PKB dukung," tutupnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra, Golkar, dan PKS tertarik untuk memajukan Gibran sebagai calon wali kota. Saat ini, baru PDIP yang sudah mengajukan bakal calon yaitu Achmad Purnomo. Wakil Wali Kota Solo tersebut dipasangkan dengan Sekretaris DPC PDIP Kota Solo, Teguh Prakosa.