Nadiem terlihat mengenakan kemeja hitam dengan lengan digulung. Ia juga mengenakan jeans dengan warna senada

Gaya berpakaian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud, Nadiem Makarim, saat kunjungan kerja ke Jawa Timur mendapat sorotan tajam. Gaya sang menteri terlihat tak biasa.

Diunggah Instagram m.bahrunnajach, gaya pakaian Nadiem saat tiba di Bandara Juanda, Surabaya, tampak sangat santai. Nadiem mengenakan setelan kemeja, jeans, dan tas ransel.

"Heboh.. gaya berpakaian Mas Mendikbud Nadiem Makarim saat kunjungan kerja ke Jawa Timur. Menteri milenial memang beda. Perpaduan kemeja, jeans dan ransel. Simpel ngga kayak pejabat," tulis akun @m.bahrunnajach, salah satu pengunggah video tersebut di Instagram.

Nadiem terlihat mengenakan kemeja hitam dengan lengan digulung. Ia juga mengenakan jeans dengan warna senada. Di bahunya, Nadiem menggendong tas ransel.

Gaya Nadiem terlihat kontras dengan rombongannya dan para pejabat yang disalaminya. Mereka mengenakan kemeja putih dan batik.

Seno Hartono dari Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud membenarkan peristiwa itu terjadi kemarin, Kamis (7/11/2019) di Bandara Internasional Juanda, Jawa Timur. "Beliau disambut oleh Inspektur Jenderal Kemendikbud, Sesditjen Dikdasmen Kemendikbud, Kadisidik Prov Jatim, Kepala LPMP Jawa Timur," ujar Seno saat dikonfirmasi.

Selama kunjungan di Jawa Timur, Nadiem mengunjungi SDN Gentong, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Selain itu, dia juga takziah ke korban sekolah ambruk, yaitu Irza Almira.

Nadiem menyebut sudah mengirim tim dari inspektorat jenderal untuk melakukan investigasi atas ambruknya sekolah tersebut. " Sehingga bisa merencanakan bagaimana bisa bersama sama menghindari kejadian tersebut," kata Nadiem.

Sebelumnya, sebanyak dua orang meninggal dunia terdiri dari satu siswa dan guru serta belasan siswa lainnya mengalami luka-luka akibat ambruknya atap di SDN Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa 5 November 2019 pukul 08.30 WIB. Gedung sekolah yang ambruk berada di bagian depan terdiri dari empat kelas, yakni kelas 2 A dan B, serta kelas 5 A dan B.

Nadiem dilantik sebagai Mendikbud oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2019 lalu. Selain karena sosoknya yang lekat dengan perusahaan startup Gojek, Nadiem (35) juga menjadi menteri termuda di kabinet ini. Ia mengenyam pendidikan di Brown University, lalu melanjutkan S2 ke Harvard University.