Semua laporan kegiatan dan keuangan dapat terealisasi dengan baik dan benar

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertahanan RI Laksdya TNI (Purn) Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. membuka acara Taklimat Awal Pemeriksaan Interim atas LK Kemhan/TNI Tahun 2019 dan Pemeriksaan Kinerja atas Penerapan PMK Nomor 143/PMK.05/2018, Kamis di Kantor Kemhan, Jakarta.

Irjen Kemhan mengatakan bahwa tujuan dari pemeriksaan interim atas laporan keuangan Kemhan/TNI dilingkungan U.O Kemhan, U.O Mabes TNI dan U.O Angkatan yaitu untuk pemberian kesimpulan hasil reviu atas efektivitas sistem pengendalian intern, kepatuhan atas peraturan perundang-undangan. 

Perolehan data dan informasi untuk pengembangan perencanaan pemeriksaan LK Kemhan/TNI TA.2019.

“Semua laporan kegiatan dan keuangan dapat terealisasi dengan baik dan benar. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan serta dapat menyelesaikan laporan dengan baik dan tepat waktu”, ungkapnya.

BPK RI sebagai fungsi audit dan Kemhan/TNI sebagai fungsi eksekutif, dapat bersinergi saling bahu membahu dalam rangka perwujudan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan. 

Dengan demikian mekanisme penerapan pelaksanaan anggaran yang dapat disajikan dengan akuntabel dan transparan, sehingga upaya Kemhan/TNI dalam meraih opini WTP yang telah dapat dicapai dapat dipertahankan.

Irjen Kemhan berharap banyak kepada pemeriksaan, agar dapat memberikan solusi terhadap bagian-bagian yang dirasa masih kurang efektif. Sehingga kedepannya dapat berjalan dengan baik. 

Kepada para pejabat terkait dilingkungan U.O Kemhan, U.O Mabes TNI dan U.O Angkatan, agar lebih kooperatif dalam menyajikan data dukung dan informasi yang lengkap dan segera melakukan koordinasi untuk memenuhi permintaan dari tim BPK RI.

Terkait dengan pemeriksaan atas pelaksanaan PMK 143 Tahun 2018 dan pemeriksaan interim. 

“Kepada tim BPK RI untuk tidak bosan-bosannya selalu memberikan arahan, asistensi dan bimbingan yang memadai terhadap Kemhan/TNI agar kinerja Kemhan/TNI kedepan dapat meningkat kearah yang lebih baik lagi”, ungkap Irjen Kemhan.